Marak Ancam Pemudik, Kapolri: Kalau Tak Bisa Atasi Begal, Kapolresnya Saya Begal!

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah)

Kapolri Jenderal Tito Karnavian (tengah)

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Kapolri Jenderal Tito Karnavian  menginstruksikan kepada seluruh Kapolres khusus di Lampung untuk memberangus pelaku begal yang meresahkan masyarakat dan pemudik yang melintas di Propinsi Lampung.

Bahkan tak hanya sekadar instruksi, Tito juga mengancam akan memberikan sanksi tegas kepada Kapolres yang gagal membasmi begal di wilayahnya.

“Saya minta seluruh Kapolres dapat mengatasi kasus pembegalan ini. Kalau tidak bisa atasi begal maka Kapolresnya yang saya begal. Paham kan maksud saya,” kata Tito, Selasa (12/6/2018).

Menurut Tito, Propinsi Lampung merupakan bagian dari jalur mudik di Sumatera memang rawan aksi pembegalan yang mengincar para pemudik.

Karena itu, jika Polda masih tak sanggup, maka Kapolres tak perlu sungkan untuk meminta bantuan TNI di wilayahnya.

Sebab, memberantas kriminalitas di masyarakat dengan modus begal bukan cuma tugas kepolisian. Tetapi juga diperlukan peran aktif masyarakat.

“Mintalah bantuan kepada Komandan Korem (danrem), karena ini demi kepentingan banyak orang. Kelompok begal-begal bisa saja ditangkap dengan cara lembut, kalau masih melawan tindak tegas,” kata dia lagi.

loading...

Feeds