ASN Kota Cimahi Ikut Kumpulkan Zakat

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pembayaran zakat sudah menjadi kewajiban bagi umat muslim. Untuk itu pemerintah kota Cimahi melalui peraturan Wali kota membuat peraturan tentang penarikan zakat langsung kepada Aparatul Sipil Negara (ASN) Kota Cimahi. Yang nantinya di kelola oleh Bandan Amal Zakat Nasional (Baznas) kota Cimahi.

Wali kota Cimahi Ajay M. Priatna mengatakan, nantinya zakat yang dikumpulkan dari ASN kota Cimahi untuk kepentingan masyarakat sesuai dengan Asnafnya.

“ASN kota Cimahi punya keyakinan bayar zakat ga ada ruginya. Kami potong secara langsung dari gajihnya,” kata Ajay saat di temui di ruang kerjanya, kemarin.

Perwal tentang zakat ini masih dalam proses peyempurnaan. Masih ada beberapa yang harus dikaji lebih dalam, agar bisa dimanfaatkan dan manfaat.

“Kita masih buatkan Standar Oprasional Pekerjaan (SOP) nya,” sebutnya.

Namun Perwal yang baru ini sudah berjalan terhitung sejak bulan lalu. Potensi pendapatan dari zakat itu sendiri sekitar Rp 300 juta.

“ASN yang gajihnya diatas Rp 3 juta akan kita potong sesuai peraturan,” jelasnya.

Satuan Audit Internal Bazbas Kota Cimahi T. Solehudin mengatakan perwal ini sangat bagus, terutama bagi masyarakat yang kurang mampu. Meski baru di terbitkan, untuk bulan juni sendiri sudah terkumpul Rp 75 juta.

“Bulan depan mungkin akan lebih efektif,” ungkapnya.

Solehudin yang juga kepala dinas Kesatuan Bangsa dan politik (Kesbangpol). Secara teknis penarikan zakat ini sudah di sosialisasik dan membuat surat peryataan. Sehingga sifatnya bukan paksaan.

Nantinya pengelolaan zakat ini akan di bagikan kedalam Lima program, diantaranya Cimahi Makmur, Cimahi Peduli, dan Cimahi Makmur.

“Nantinya kita sinergikan dengan progran pemerintah,” pungkasnya.

(bie)

loading...

Feeds