Dipimpin Yossi-Aries, Kota Bandung Pasti Dapatkan Opini WTP

Pasangan calon walikota dan wakil walikota Bandung, Yossi Irianto dan Aries Supriatna (Ramdhani/Radar Bandung).

Pasangan calon walikota dan wakil walikota Bandung, Yossi Irianto dan Aries Supriatna (Ramdhani/Radar Bandung).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Opini Wajar Tanpa Pengecuakian (WTP) dari BPK, bukan sesuatu hal yang tidak mungkin bagi pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Bandung nomor urut 2, Yossi Irianto-Aries Supriatna.

WTP adalah penilaian tertinggi dari BPK mengenai kewajaran informasi dan penggunaan keuangan pemerintah daerah yang disajikan dalam laporan keuangan yang didasarkan pada empat kriteria yakni kesesuaian dengan standar akuntansi pemerintahan, kecukupan pengungkapan (adequate disclosures), kepatuhan terhadap peraturan perundang-undangan, dan efektivitas sistem pengendalian internal.

Seperti diketahui, selama ini, Kota Bandung masih belum bisa mewujudkan opini WTP dari BPK. Kota Bandung paling tinggi hanga mendapatkan opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) karena persoalan administrasi pengelolaan aset milik pemerintah daerah.

Menurut Calon Walikota Bandung, Yossi Irianto, pasangan Hebring akan menjadikan target meraih WTP sebagai salah satu program prioritas dalam pembangunan Kota Bandung lima tahun ke depan.

“Bukan hanya pemerintah kota yang bangga jika berhasil merwih WTP. Saya kira masyarakat Kota Bandung pun akan bangga jika daerahnya meraih WTP. Kota Bandung saat ini belum WTP,” kata Yossi kepada wartawan saat ditemui usai salat jumat di sebuah masjid di kawasan Bojongloa Kidul Kota Bandung, Jumat (8/6/2018).

Ia mengungkapkan pasangan Yossi-Aries sudah mengetahui persoalan yang menyebabkan Kota Bandung tak juga meraih opini WTP dari BPK yakni karena persoalan aset daerah yang masih berantakan. Yossi pun mengaku sudah menyiapkan strategi agar Kota Bandung meraih WTP di bawah kepemimpinannya.

” Jika kami menang, kami akan mengurus masalah aset ini. Bahkan akan menggandeng BPK untuk menyelesaikan masalah aset ini,” kata” kata Yossi.

Terlebih, kata dia, selama menjadi Sekda, dirinya telah melakukan berbagai perbaikan dalam penataan dan pengadministrasian aset daerah. Salah satunya dengan program accountability asset dengan menggunakan smart goverment.

“Saya optimistis Kota Bandung akan segera meraih opini WTP di tahun 2019 karena di 2018 semua persoalan aset akan diselesaikan. Apalagi saya juga sudah bekerjasama dengan BPKP tahun lalu. Insya Allah kita akan segera meraih WTP,” beber Yossi.

(mur)

loading...

Feeds