Cawagub Dedi Mulyadi Bangun Rumah Percontohan Anti Banjir

dedi mulyadi

dedi mulyadi

POJOKBANDUNG.com, DAYEUHKOLOT – Calon Wakil Gubernur (Cawagub) nomor urut empat Dedi Mulyadi menyapa warga Kampung Bojongasih, Desa Dayeuhkolot, Kecamatan Dayeuhkolot, Kabupaten Bandung, Selasa (5/6/2018) petang.

Kehadiran mantan orang nomor satu di Purwakarta ini langsung disambut warga begitu tiba sekitar pukul 16.00 WIB. Dalam kesempatan tersebut Dedi meresmikan sebuah rumah percontohan anti bencana banjir.

Menurut pantauan di lapangan rumah panggung milik Erni, 50, dan Nono, 58, berukuran 6×5 meter dengan empat ruangan berhasil disulap oleh cawagub Dedi bersama rekannya Dodi menjadi sebuah hunian yang layak dan nyaman untuk ditinggali

“Ini rumah anti banjir. Tingginya 3 meter, dinding dan lantainya dari kayu. Kalau nanti banjir, rumah ini tidak akan kebanjiran. Saya hanya memberi ide, pak Dodi yang punya uang yang memperbaiki,” ujar Dedi.

Jika terpilih sebagai wakil gubernur, lanjut Dedi, dirinya mencanangkan program perbaikan rutilahu di pinggiran Sungai Citarum yang kerap dilanda bencana banjir seperti dikawasan Bojongasih dengan tipe serupa rumah keluarga Nono.

“Biaya untuk rumah seperti ini murah dan anggaran dari Pemprov menurut saya sangat mencukupi. Rumah anti banjir ini kan sederhana, fondasinya dibikin sampai 3 meter. Dinding dan alasnya kayu, tiap air sungai meluap rumah tak akan kebanjiran,” kata dia.

(azm/rmoljabar/pojokbandung)

loading...

Feeds