Ini Dia 7 Pemain Tertua di Piala Dunia 2018: Ada yang Sudah Hampir Setengah Abad

Essam El-Hadary akan memecahkan rekor pemain tertua di Piala Dunia.

Essam El-Hadary akan memecahkan rekor pemain tertua di Piala Dunia.

POJOKBANDUNG.com, MOSKOW–Sebanyak 32 negara kontestan Piala Dunia 2018 sudah mengumumkan skuat resmi yang akan dibawa ke Rusia, pekan depan. Dari 736 pemain itu, ada tujuh di antaranya masuk kategori pemain tertua di Piala Dunia 2018.

Siapakah tujuh pemain tertua itu? Berikut daftar lengkapnya:

  1. Blas Perez, 37 tahun 3 bulan
    Panama, 113 caps

Blas Perez (Panama)

Perez sudah membukukan 43 gol sejak melakukan debutnya untuk Panama pada tahun 2001, dan dia mungkin salah satu nama yang lebih dikenal dalam skuad tim berjuluk ‎Los Canaleros.

Sempat meniti karir di MLS selama lima musim dan kini bermain di Municipal bersama kapten Timnas Panama, Felipe Baloy. Apa pun yang terjadi di Rusia, duo berpengalaman ini bisa bangga dengan apa yang telah mereka raih dengan negara mereka.

  1. Felipe Baloy, 37 tahun 4 bulan
    Panama, 101 caps

Felipe Baloy (Panama).

Baloy melakukan debut profesionalnya hampir 20 tahun yang lalu, dan telah menikmati karir yang panjang dan sukses di seluruh Amerika. Bulan ini, Kapten Panama sedang menuju ke turnamen internasional perdana bersama negaranya.

Sekarang kembali bermain di Panama untuk Municipal, bek tengah ini akan menghadapi pemain muda nan lincah seperti Harry Kane (Inggris) dan Kevin de Bruyne dari Belgia pada fase grup Piala Dunia 2018.

  1. Jose de Jesus Corona, 37 tahun 5 bulan
    Meksiko, 52 caps

Jose Corona (Meksiko).

Berstatus sebagai kiper cadangan dari Guillermo Ochoa, Jose Corona harus bersabar menunggu kesempatan bermain di tim utama. Namun, ia tetap bangga masuk skuat resmi Meksiko di Rusia.

Dia mencatatkan 500 penampilan di kompetisi teratas Meksiko, di mana dia telah menghabiskan seluruh karirnya. Corona juga merupakan peraih medali emas Olimpiade, karena ia adalah salah satu pengisi kuota pemain senior di turnamen U-23 selama Olimpiade London 2012.

  1. Tim Cahill, 38 tahun 6 bulan
    Australia, 105 caps

Tim Cahill (Australia).

Cahill adalah finalis Piala FA bersama Everton. Untuk Timnas Australia, ia telah membukukan 50 gol bersama The Socceros.

Jika dimainkan di Rusia, itu akan jadi penampilan keempatnya di Piala Dunia 2018.
Meski tidak terlalu diunggulkan bisa lolos di fase grup, terutama saat menghadapi Prancis, namun Cahill bisa memimpin rekan-rekannya mencuri poin lawan Peru dan Denmark.

  1. Sergei Ignashevic, 38 tahun 11 bulan
    Rusia, 121 caps

Sergei Ignasevic (Rusia).

Pemanggilan Ignashevic dalam skuad Rusia tidak lepas dari cedera Ruslan Kambalov sehingga ‘memaksa’ bek tengah yang akan berusia 39 tahun bulan depan untuk kembali dari pensiun internasional setelah ia menghabiskan 14 tahun terakhir di CSKA Moscow.

Ketika Rusia mengungkapkan skuad Piala Dunia 2018 mereka pada hari Minggu, pemain veteran ini menjadi salah satu kejutan. Meskipun mungkin dia tidak akan dimainkan sebagai starter tapi mendapat tugas negara di turnamen yang digelar di tanah kelahiran tentulah sebuah kebanggaan.

  1. Rafa Marquez, 39 tahun 4 bulan
    Meksiko, 143 caps

Rafael Marquez – Meksiko (espnfc)

Sebelum Gerard Pique menjadi tembok kokoh di lini belakang Barcelona, ​​ada Rafa Marquez. Seorang ahli dalam membaca permainan lawan nan sangat tangguh. Sergio Ramos bahkan tidak akan mencoba dan memasukkannya ke dalam genggaman lengan seperti yang dilakukan kepada Mohamed Salah (final Liga Champions 2017/18).

Marquez berusia 39 tahun pada awal 2018 dan dia berada di jalur untuk mewakili Meksiko di Piala Dunia tahun ini. Dia memulai karir klubnya di Atlas, klub yang bermarkas di Guadalajara dan mengakhirinya di sana musim ini. Setelah turnamen di Rusia, Marquez akan pensiun dari sepakbola.

  1. Essam El-Hadary, 45 tahun 4 bulan
    Mesir, 157 caps

Essam El-Hadary (Mesir).

Empat puluh lima? Ya betul, usianya sudah hampir setengah abad. Essam El-Hadary adalah orang yang lupa waktu itu. Dia akan memecahkan rekor pemain tertua di Piala Dunia.

Sebelumnya, rekor ini dipegang kiper Kolombia, Faryd Mondragon yang bermain pada Piala Dunia edisi sebelumnya di Brasil pada usia 43 tahun.

El-Hadary memulai karirnya 25 tahun lalu untuk tim Mesir, Damietta, sebelum mencatat lebih dari 400 penampilan untuk klub yang berbasis di Kairo, Al Ahly. Dia saat ini bermain untuk Al-Taawoun di Arab Saudi.

(fat/pojoksatu)

 

 

 

loading...

Feeds