Ramadan, Wajah Islam yang Damai dan Toleran, Digaungkan dari Masjid Raya Bandung

Masjid Raya Bandung (Masjid Agung), Minggu (28/5). RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Masjid Raya Bandung (Masjid Agung), Minggu (28/5). RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Selain itu menurutnya, melalui berbagai kegiatan yang akan diselenggarakan, harapnya dapat mempererat ukhuwah islamiyah di antara para mitra ta’mir Masjid Raya Bandung dan kaum muslimin pada umumnya.

Ia pun menambahkan, berbagai kajian dan kegiatan yang akan diselenggarakan selama Ramadan, pihak Masjid Raya Bandung akan memberikan pencerahan tentang makna agama Islam yang sesungguhnya. Menurutnya, aksi terorisme bukanlah karakter dari umat muslim. “Islam itu agama yang toleran,” tegasnya.

Bentuk kegiatan yang diselenggarakan Masjid Raya Bandung selama Ramadan salah satunya Ta’jil bersama. Djuju menjelaskan, pihaknya akan menyiapkan ta’jil bagi 2000 orang jamaah setiap harinya.

Selain itu, pihaknya juga memberikan kesempatan bagi dinas-dinas atau instansi pemerintah maupun swasta untuk ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini.

“Yang mau ikut bersodakoh melalui sumabangan berupa Ta’jil, mangga. Insyaallah kalo yang namanya membantu orang yang lagi puasa mah bakal dapat pahala yang berlimpah,” ujarnya.

Selain itu, berbagai ceramah dan kegiatan Solat Tarawih akan dilaksanakan rutin setiap harinya. Ia menuturkan, ceramah tarawih dilaksanakan setiap hari ba’da solat Isya menjelang solat tarawih. Penceramah adalah para tokoh, mubaligh, akademisi dan para ulama.

“Tema ceramah pun akan difokuskan ke masalah toleransi dan perdamaian sesuai dengan tema,” ujarnya.

Tak lupa, kuliah Subuh akan dilaksanakan setiap ba’da Subuh mulai dari pukul 04.45 hingga 05.15 WIB. Ia menambahkan, kajian Tafsir Al-Quran akan dilaksanakan mulai tanggal 1 hingga 27 Ramadan mulai pukul 13.00 hingga 14.45 WIB.

“Kegiatan Tafsir Al-Quran kali ini berbeda dengan tahun sebelumnya, kali ini kita memberi kesempatan para akademisi dari perguruan tinggi yang kredibel untuk memberikan kajian tersebut,” paparnya.

loading...

Feeds