Bea Cukai Bandung Musnahkan Ratusan Sexs Toys

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ribuan botol miras, paket ilegal, airsoft gun, tembakau, obat-obatan, kosmetik, hingga alat bantu seks (Sexs Toys)dimusnakan di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) tipe Madya Pabean A Bandung, Jawa Barat, Selasa (15/5/2018).

Kegiatan yang dilakukan jelang Ramadan ini pun diyakini untuk menyambut bulan penuh berkah dan kembali suci. Kepala Bea Cukai Kantor Wilayah Jawa Barat, Saifullah Nasution didampingi Kepala Bea Cukai Bandung Onny Yuar Hanantyoko menyebut, ada etil alkohol 4.022 botol, makanan dan minuman 478 paket seberat 50 kg, sex toys 308 buah, obat-obatan 207 paket, air gun spare part 1.930 buah, air soft gun 4 set, kosmetik 603 buah dan hasil tembakau 1,2 juta gram.

“Jika diestimasikan nilainya capai Rp1.1 miliar,” ujarnya kepada wartawan, Selasa (15/5/2018).

Nasution mengatakan, minuman mengandung alkohol tersebut merupakan barang hasil sitaannya dalam kurun waktu 2015 hingga triwulan pertama 2018, barang tersebut telah ditetapkan menjadi barang milik negara (BMN).

“Segel cukainya juga paslu, tidak hanya berasal dari luar negeri, produk-produk tak berizin inipun merupakan buatan dalam negeri,” tuturnya.

Ia meyakini akan melindungi masyarakat dan industri dalam negeri dari peredaran barang ilegal. Pasalnya, saat dilakukan penyitaan, pihaknya tidak mengetahui sosok pemiliknya.

Selain itu, saat penyitaan pun jumlah barangnya tidak signifikan.

“Maka dalam undang-undang cukai dan pabean, ada mekanisme penetapan sebagai BMN,” tandasnya.

(nda)

 

loading...

Feeds