Negeri Jiran Bikin Kejutan, Jokowi Sangat Mungkin Dikalahkan

Mahathir Mohamad

Mahathir Mohamad

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Amanat Nasional (PAN) Saleh Partaonan Daulay menyatakan, Joko Widodo (Jokowi) sangat mungkin dikalahkan pada Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019. Saleh mendasari pandangannya dengan berkaca pada hasil pemilu di Malaysia yang digelar Rabu (9/5).

Merujuk hasil pemilu di negeri jiran itu, koalisi oposisi Pakatan Harapan pimpinan Mahathir Mohamad menang secara mengejutkan. Mahathir yang kini berusia 92 tahun berhasil mengalahkan koalisi Barisan Nasional pimpinan Perdana Menteri Najib Razak.

Padahal, sebelumnya hampir semua lembaga survei memprediksi koalisi pimpinan Mahathir-Anwar Ibrahim akan kalah. Menurut Saleh, kejutan dalam hasil pemilu di Indonesia itu sangat mungkin terjadi di Indonesia.

“Saya kira Presiden Joko Widodo pun masih sangat terbuka untuk dikalahkan, walau survei menunjukkan elektabilitasnya sejauh ini lebih tinggi dari yang lain. Kalau masyarakat di bawah merasa perlu perubahan, kemungkinan itu tetap ada,” ujar Saleh di Jakarta, Kamis (10/5).

Karena itu Saleh mengingatkan para pendukung Jokowi tidak terlalu cepat tinggi hati. Menurutnya, para pendukung Jokowi lebih baik menunggu kontestasi selesai terlebih dahulu agar bisa melihat keinginan masyarakat yang sebenarnya.

“Apa yang terjadi di pemilu Malaysia murni cerminan keinginan masyarakat Malaysia. Mereka ingin perubahan. Secara diam-diam mereka mewujudkannya melalui pemilu,” kata Saleh.(gir/jpnn)

loading...

Feeds