Dua Bocah Dijaring Saat Asyik Ngelem

satpol pp saat melakukan razia

satpol pp saat melakukan razia

 

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Dua bocah dibawah umur dijaring oleh petugas gabungan Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Jawa Barat dan Kota Cimahi. Mereka yang saat itu sedang asyik menghisap lem menolak dan berontak saat dibawa petugas.

Dari pantauan, peristiwa itu terjadi saat Satpol PP menggelar Operasi Praja Wibawa di sekitar Jalan Cimindi. Sekitar pukul 08.00 WIB kedua bocah langsung berlarian ketika para petugas mendatanginya.

Namun, diduga karena efek lem, langkah mereka terlihat sempoyongan. Petugas pun tidak kesulitan mengamankan dua bocah tersebut untuk kemudian dimasukan ke dalam mobil. Selain daerah Cimindi, Satpol PP pun menyisir beberapa kawasan ramai, seperti, Jalan Amir Mahmud, Jalan Gandawijaya dan Jalan Mahar Martanegara.

Ditemui usai operasi, Kasi Ops Satpol PP Jabar Agus menyebutkan, kegiatan rutin setiap tahun ini bersifat untuk menegakan ketentraman, keamanan dan ketertiban umum. “Yang terjaring sekitar 20 anak jalanan (anjal) dan 10 orang gila.” katanya.

Setelah terjaring para penyandang masalah kesejahteraan sosial (PMKS) tersebut langsung dibawa ke Sat Pol PP Kota Cimahi untuk didata dan diberikan pembinaan dengan bekerjasama Dinsos Cimahi dan Dinsos Jabar.

“Mereka yang terjaring dalam kegiatan ini, nantinya akan didata terlebih dahulu kemudian akan dilakukan pembinaan,” terangnya.

Untuk pembinaan mereka yang terjaring kali ini, kata dia, jika dalam usia produktif akan dikirimkan ke rumah penampungan milik Dinsos Jabar. Namun, semua itu tidak bisa langsung dilakukan lantaran terbatasnya kuota penampungan, sehingga yang akan dikirimkan masuk dalam daftar tunggu.

Terang Agus tidak semua PMKS ini akan dikirimkan ke penampungan milik Dinsos Jabar. Karena ada juga PMKS yang berasal dari Kota Cimahi. Mereka yang dibina di Dinsos Jabar, hanya PMKS yang berasal dari luar Kota Cimahi.

“Kalau warga lokal dengan Dinsos Cimahi. Kalau dari luar kerjasama dengan Dinsos Jabar,” ujarnya.

Agus pun mengimbau kepada seluruh Sat Pol PP kabupaten/kota di Jabar agar menggelar Operasi Prajwa Wibawa sebagai upaya cipta kondisi menjelang datangnya Bulan Ramadan.

Kasi Trantib Satpol PP Kota Cimahi Uus S mengatakan, pihaknya akan terus melakukan operasi Praja Wibawa dan cipta kondisi untuk mewujudkan suasana keamanan dan ketertiban yang kondusif di masyarakat.

“Apalagi sekarang jelang puasa. Kita akan terus berupaya menciptakan suasana Kamtibmas. Sehingga warga Cimahi bisa melaksanakan ibdahnya dengan khusyuk,” ujarnya.

Selain itu, Sat Pol PP Cimahi juga akan membersihkan Kota Cimahi dari segala bentuk penyakit masyarakt, khususnya minuman keras (miras). Karena segala bentuk timbulnya aksi-aksi tidak terpuji biasanya didahului dengan menenggak minuman keras.

(cr4)

loading...

Feeds