Kecewa Permenhub, Sopir Angkot Cimahi Siang Ini Mogok

Ilustrasi demo angkot (Dok pojokbandung.com)

Ilustrasi demo angkot (Dok pojokbandung.com)

POJOKBANDUNG.com,CIMAHI – Masih beroperasinya angkutan berbasis online yang belum berbadan hukum, membuat gerah pengusaha angkutan konvensional. Pasalnya, meski adanya turunan dari Peraturan Kementerian Perhubungan (Permenhub) 32 nomor 108 tentang penyelenggaraan angkutan orang dengan kendaraan bermotor umum tidak dalam trayek, ternyata masih bebas berkeliaran tanpa ada tindakan tegas dari Pemerintah.

Mereka menganggap, kesepakatan di Gedung Pakuan 6 Oktober 2017 lalu, hanya menimbulkan masalah karena angkutan online tetap menarik penumpang walaupun tidak berbadan hukum bahkan, tidak memiliki ciri area.

Sekretaris Jendral Wadah Aliansi Aspirasi Transportasi (WAAT) Jawa Barat, Tirta Jaya menyatakan, aksi mogok angkot tersebut positif di laksanakan karena, menyangkut hajat hidup orang banyak.

“Kami lakukan aksi karena, tidak ada keseriusan dari Pemerintah untuk, menegakkan aplikasi berbasis online sewa khusus tidak dalam trayek. Padahal sudah jelas aturannya,” ungkapnya.

Sementara itu, walaupun seluruh organisasi angkutan di Kota Cimahi mendukung aksi mogok angkot yang digelar WAAT, mereka akan tetap beroperasi seperti biasanya.

Ketua KKU Organda Cimahi-Cangkorah, Sri Siti Hafizah mengatakan, semua trayek angkot di Cimahi tetap akan beroperasi sesuai dengan mandat Ketua DPD Organda Cimahi bahwa, di wilayah Cimahi angkot tetap jalan.

Saat ini ada tiga trayek lokal di Cimahi yakni, Cimindi-Cimahi, Cibeber-Cimahi dan Contong Cimahi serta 4 trayek perbatasan Cimahi-Cangkorah, Cimahi-Padalarang, Cimahi-Margaasih, dan Cimindi Cipatik, semua besok tetap beroperasi.

“Kita tidak akan terpengaruh dengan aksi mogok, karena kasihan masyarakat masih banyak yang memerlukan,” katanya.

Menanggapi aksi mogok tersebut, Dinas Perhubungan Kota Cimahi akan melakukan antisipasi dengan melibatkan Kepolisian dan TNI.

Kepala Seksi Angkutan Dishub Kota Cimahi Ranto Sitanggang mengatakan, pihaknya siap melakukan antisipasi aksi mogok angkot yang rencananya akan di gelar hari ini, Selasa (8/5).

“Kami akan mengerahkan mobil bantuan seperti truk Satpol PP Kota Cimahi, Truk Dalmas Polres Cimahi dan truk milik Kodim 0609 Kabupaten Bandung,” katanya saat di konfirmasi Radar Bandung kemarin (7/5).

Sementara itu, Kapolres Cimahi AKBP Rusdi Pramana Suryanaga menyatakan, aparat kepolisian sudah siap mengamankan jalannya aksi mogok angkot yang diselenggarakan oleh WAAT Jabar.

“Aksi mogok angkot tidak dilarang tapi, dengan catatan tidak boleh ada aksi kekerasan maupun anarkhisme,” tegasnya.

(cr4)

loading...

Feeds