950 Guru Akan Awasi USBN Tingkat SD di Cimahi

Sejumlah guru SD mengikuti rapat yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan di Gedung B Komplek Perkantoran Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah. (Gatot/Radar Bandung)

Sejumlah guru SD mengikuti rapat yang dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan di Gedung B Komplek Perkantoran Kota Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah. (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Sebanyak 950 guru disiapkan untuk mengawasi Ujian Sekolah Berstandar Nasional (USBN) tingkat Sekolah Dasar (SD) di Kota Cimahi. USBN SD ini akan digelar serentak 3 sampai 5 Mei 2018.

Kepala Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi, Dikdik Suratno Nugrahawan mengatakan, dari 950 guru yang telah disiapkan untuk mengawas ujian, masing-masing kelas akan diawasi dua orang.

“Intinya untuk menjaga kualitas pendidikan. Jadi, jangan sampai generasi penerus ini tidak terpantau,” kata Dikdik, baru-baru ini.

Sementara itu untuk teknis pengawasannya, kata Dikdik, para guru tersebut nantinya tidak akan menjaga di sekolah tempatnya mengajar. Namun, akan dilakukan pertukaran pengawas dari sekolah lain.

“Kita ingin mencegah adanya kebocoran soal yang berdampak pada kualitas pendidikan,” ujarnya.

Akan tetapi, pada saat pelaksanaan ujian nanti, lanjut Dikdik, pihaknya menekankan kepada para pengawas untuk tidak membuat tegang para murid saat ujian dilaksanakan.

Menurutnya, jika pengawas ujian terlalu berlebihan sangat berpengaruh terhadap psikologis para siswa. Apalagi yang ujian anak SD. Apabila para pengawas tidak bisa membuat suasana ujian kondusif, dikhawatirkan peserta ujian kehilangan fokus saat mengerjakan soal-soal.

“Alangkah baiknya guru pengawas harus normatif namun tetap bijaksana. Jangan sampai membuat anak tidak bisa memunculkan potensinya secara maksimal karena dibawah tekanan,” ungkapnya.

Dia menegaskan, pada pelaksanaan USBN yang akan berlangsung pada 3 sampai 5 Mei 2018 mendatang, para siswa tidak perlu tegang karena, para pengawas sudah diberikan pemahaman terkait cara mengawas agar bijaksana dan mampu menciptakan kondusifitas.

“Bagi peserta USBN nanti, kerjakanlah soal-soal dengan baik tanpa menghalalkan segala cara. Yakin dengan kemampuan sendiri,” pungkasnya.

(gat)

 

loading...

Feeds