Operasi Jelang Ramadan, Sopir Angkutan Umum Dites Urine

Ilustrasi razia lalu lintas. Grafis: M Fazrur Rochman/Radar Bandung

Ilustrasi razia lalu lintas. Grafis: M Fazrur Rochman/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Dalam upaya menekan kecelakaan lalu lintas di jalan raya, jajaran Polres Cimahi melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi.

Kegiatan yang dilakukan di Rest Area KM 125 Tol Cipularang Cimahi, Kamis (26/4), merupakan rangkaian Operasi Patuh Lodaya Jelang Ramadan 2018.

Kapolres Cimahi AKBP Rusdy Pramana Suryanagara, mengatakan, selain memeriksa kendaraan, anggotanya pun melakukan pemeriksaan urine kepada para sopir angkutan umum maupun angkutan barang. Selanjutnya, pengemudi diberikan pelayanan cek kesehatan.

“Tes urine ini dilakukan untuk memastikan para pengemudi bebas dari narkotika dan psikotropika maupun zat adiktif lainnya,” kata Rusdy di Rest Area 125 Cipularang, Kamis (26/4).

Dia melanjutkan, Ops Patuh Lodaya kali ini, selain sebagai upaya Cipta Kondisi jelang Ramadan dan Lebaran 2018, juga untuk meminimalisir kualitas dan kuantitas fatalitas laka lantas. Dengan begitu, pihaknya pun memeriksa kelaikan kendaraan, serta kondisi pengemudi.

“Ini merupakan upaya preemtif dan preventif, serta represif untuk menindak setiap pelanggaran yang dilakukan para pengguna jalan,” terangnya.

Selama operasi berjalan, lanjut dia, pihaknya bersyukur tidak ada pengemudi yang kedapatan tengah mengkonsumsi zat yang mengandung narkotika.

“Saya harap para pengemudi tidak mengkonsumsi narkoba, sebab berpotensi terhadap kecelakaan lalu-lintas,” katanya.

Dalam kegiatan tersebut, salah seorang pengemudi yang sudah diperiksa urine dan kesehatannya, mengaku kaget karena kendaraannya tiba-tiba saja dihentikan petugas.

Namun, karena merasa tidak memiliki kesalahan, pengemudi itu pun langsung bersalaman dengan petugas kepolisian yang telah siap mengantarnya ke tempat cek kesehatan.

“Alhamdulilah, saya dinyatakan sehat dan bisa kembali melanjutkan perjalanan,” ujar Yadi (45).

Operasi Patuh Lodaya Jelang Ramadhan 2018 ini, akan dilaksanakan hingga tanggal 9 Mei 2018.

(gat)

loading...

Feeds