HUT ke-68, Satpol PP Kota Bandung Harus Lebih Rendah Hati

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com – Rayakan HUT ke-68, Satpol PP Kota Bandung berusaha melakukan introspeksi diri.

“Jadi, kita berusaha agar dalam menjalankan tugas lebih rendah hati, tanpa arogansi,” ujar Sekertaris Satpol PP Kota Bandung, Tantan Surya Santana, Selasa (24/4).

Tantan mengatakan, ulang tahun kali ini Satpol PP Kota Bandung menggelar Praja Wibawa dan Bakti Praja.

Praja Wibawa adalah, upaya penertiban terutama penertiban PKL menjelang bulan puasa.

“Karena menjelang bulan puasa biasanya akan banyak PKL musiman, sehingga kami harus melakukan tindakan prefentif agar para PKL tidak menjamur,” kata Tantan.

Sementara Baktu Praja adalah upaya agar Satpol PP lebih dekat kepada masyarakat. Satpol PP akan berupaya agar masyarakat tidak melihat mereka sebagai musuh kaum kecil.

“Kami berusaha agar lebih dekat dengan masyarakat. Tidak ada lagi persepsi buruk tentang upaya kami dalam menegakkan perda,” katanya.

Dalam upayanya menegakkan perda Satpol PP Kota Bandung, pada 2017 telah melakukan sekitar 2.700 kali penertiban dalam satu tahun. Dengan mayoritas penertiban PKL sekitar 1.547, sisanya penertiban reklame.

Dengan intensitas penertiban yang cukup sering ini, Tantan mengklaim jumlah PKL terutama di tujuh titik yang notabenenya adalah zona merah, semakin berkurang.

“Kalau jumlah persisnya saya kurang hapal. Tapi yang jelas jumlahnya memang berkurang,” tegasnya.

Dalam pelaksanaan tugasnya, Tantan mengakui pihaknya memang kekurangan personel. Menurut Tantan, jumlah pegawai Satpol PP Kota Bandung sekitar 380 orang, sementara petugas lapangan hanya 210 orang.

“Untungnya, tugas kami dibantu dengan anggota Linmas. Namun mereka punya keterbatasan wewenang, mereka tidak memiliki wewenang yang sama dengan kami,” terangnya.

Selain anggota Linmas, Satpol PP juga dibantu anggota Trantib yang terdapat di setiap kewilayahan. Jadi, untuk menangani kasus-kasus kecil di lokasi yang jauh dari pusat kota, menjadi tanggung jawab Kasi Trantib di kewilayahan.

(mur)

loading...

Feeds