Mahasiswa Fotografi Tel-U Bercerita Lewat Foto ‘The Untold Story’

Pameran foto Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi Universitas Telkom Bandung (Tel-U) (NUR FIDHIAH SHABRINA/RADAR BANDUNG)

Pameran foto Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi Universitas Telkom Bandung (Tel-U) (NUR FIDHIAH SHABRINA/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com – Unit Kegiatan Mahasiswa Fotografi Universitas Telkom Bandung (Tel-U) menggelar pameran foto untuk pertama kalinya. Pameran ini bertema ‘The Untold Story’.

Ketua pelaksana acara, Muhammad Apriandito, mengaku bahwa kegiatan seperti ini terakhir terselenggara di awal Telkom berdiri. UKM Fotografi Tel-U juga baru berdiri di pertengahan tahun 2016.

“Ini pertama kali dibuat setelah terakhir itu saat jumlah fakultas di kampus masih 4 sekarang sudah 7, makanya kegiatan ini dinanti banget sama mahasiswa,” ucapnya kepada Radar Bandung, di kampus Universitas Telkom Bandung, Jalan Bojongsoang, belum lama ini.

Dengan jumlah peserta pameran sebanyak 15 orang, tema ‘The Untold Story’ diangkat untuk memperkenalkan karya-karya anggota ukm yang selama ini hanya dipublikasikan via media sosial.

“Mengangkat cerita yang selama ini belum diceritakan. Banyak teman-teman yang punya foto bagus cuma disimpan aja di laptop atau galeri hp, ini lah waktunya untuk menunjukkan dan membuktikan bahwa ukm fotografi Tel-U memiliki karya,” jelasnya.

Kebanyakan foto diambil saat sang pemilik sedang traveling dan bekerja, seperti salah satu peserta pameran, Adnan Ali. Mahasiswa semester akhir ini mengambil objek foto kemeriahan Tahun Baru Cina di negara Singapura.

Mengambil konsep fotografi jurnalistik, Adnan sengaja terbang ke Singapura untuk mengambil foto karena kultur budaya yang masih sangat kuat.

“Singapura itu kota modern, ekonominya sudah bagus, transportasi publik dan segalanya juga sudah oke. Ternyata dibalik kemegahan itu, mereka masih menyimpan budaya Tionghoa yang sangat kuat. Makanya disini merayakan Tahun Baru Cina sangat terasa,” imbuhnya.

Pria kelahiran Bandung ini mengaku tidak kesulitan dalam proses pengambilan gambar hanya saja dirinya harus sedikit melakukan wawancara kepada orang yang menjadi objek fotonya.

“Karena ada beberapa foto yang objeknya akan lebih bercerita kalau kita tahu di balik fotonya seperti apa,” sambungnya.

Adnan yang mulai menyukai dunia fotografi sejak duduk di bangku SMP ini berharap dengan digelarnya Telkom Photography Exhibition 2018 ini semakin banyak lagi orang-orang yang tertarik dengan fotografi, juga akan ada pameran selanjutnya.

“Ini wadah yang bagus untuk kami menampilkan hasil karya. Semoga bisa lebih menarik lagi dan memperkenalkan fotografi ke masyarakat,” pungkas pria 22 tahun tersebut.

(fid)

loading...

Feeds