1.172 Atlet Karate Ikuti Kejurda BKC-bjb Open 2018, Kelas New Commer Pacu Regenerasi

Daerah (Kejurda) BKC-bjb (Bank Jabar) Open 2018 (Gumilang/Radar Bandung)

Daerah (Kejurda) BKC-bjb (Bank Jabar) Open 2018 (Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Perguruan Bandung Karate Club (BKC) menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) BKC-bjb (Bank Jabar) Open 2018. Kejurda ini akan dilaksanakan dari tanggal 13-15 April 2018, di Sport Jawa Barat (Jabar), Arcamanik, Bandung.

Wakil Ketua Pelaksana, Ubaydillah menjelaskan, BKC-bjb Open merupakan agenda lanjutan dari kejuaraan cabang (Kejurcab) yang telah dilaksanakan Pengurus Cabang (Pengcab) BKC beberapa waktu lalu.

“Ini adalah agenda rutin kita setiap tahunnya. Kejuarda ini juga sebagai bagian dari persiapan Kejuaraan Nasional (Kejurnas) nanti di Batam pada November 2018,” ungkapnya saat ditemui Radar Bandung di Sport Jawa Barat (Jabar), Arcamanik, Kota Bandung, Minggu (15/4).

Ubaydillah mengatakan, selain diikuti oleh seluruh pengcab BKC Kota dan Kabupaten se-Jabar, Kejurda kali ini juga diikuti atlet-atlet yang berasal dari dojo.

Kejurda ini bertujuan untuk mencari bibit-bibit unggul generasi atlet Karate di Indonesia.

“Jumlah peserta sekira 1.157 yang berasal dari 47 kontingen. Ini sifatnya open, jadi ada kiriman dari pengcab dan dojo-dojo se-Jabar juga,” terangnya.

Daerah (Kejurda) BKC-bjb (Bank Jabar) Open 2018 (Gumilang/Radar Bandung)

Pihaknya telah menghadirkan salah satu inovasi yang baru dalam kejuaraan kali ini. Selain terdapat kelas prestasi yang dimulai dari usia dini sampai senior, pihaknya juga menghadirkan kelas new commer (sabuk putih-hijau) yang diperuntukan atlet pemula yang baru tertarik pada olahraga bela diri karate.

Ia berharap, adanya kelas new commer baik dari pengcab maupun dojo dapat memacu perkembangan atlet-atlet baru agar lebih giat berlatih untuk mengasah kemampuannya.

“Bagaimanapun atlet itu membutuhkan jam terbang,” ujarnya.

Ubaydillah menuturkan, dengan diadakannya kelas new commer ini, telah menghasilkan respon yang luar biasa dari bidang kejuaraan.

Dari 1.157 atlet yang terdaftar, sekira 300 sampai 400 merupakan atlet-atlet yang ikut dalam kelas new commer ini. Lanjutnya, untuk atlet yang akan di ambil dari hasil seleksi Kejurda ini, akan terseleksi 75 orang.

“Kelas new commer Ini tidak pernah ada sebelumnya di kejuaraan manapun. Mudah-mudahan dari 75 atlet hasil seleksi nanti bisa mempersembahkan prestasi yang membanggakan,” pungkasnya.

Di samping itu, Ketua BKC Kabupaten (Kab) Bogor, Herman Ferdiansyah atau biasa dipanggil Kang Gaper, menuturkan, Kab. Bogor mendelegasikan 30 atletnya untuk ikut berpartisipasi dalam Kejurda kali ini. Lanjutnya, para atlet yang dibawanya berasal dari kelas new comer dan juga prestasi dari usia pemula hingga senior

“Kelas new comer tujuh orang, kelas prestasi 23 orang,” jelasnya

Sampai dengan hari ke-tiga penyelenggaraan Kejurda tersebut, kontingen Kab. Bogor telah mendapatkan empat buah medali emas, empat perak dan empat perunggu.

“Meskipun jumlah kita tidak maskimal, namun untuk melihat hasilnya sendiri lumayan,” ungkapnya

Siti Khairani (11), salah satu atlet dari kontingen Kab. Bogor berhasil memenangkan pertandingan di kelas pemula nomor Kumite (Pertarungan) saat final melawan kontingen asal Kota Bandung. Siti berhasil menang dengan skor angka 6-1.

Siti mengatakan, dirinya telah berlatih sangat giat dengan pelatihnya sehingga bisa mendapatkan pertandingan tersebut.

“Rasanya senang sekali, lumayan capek karena latihan terus tapi hasilnya bagus,” pungkasnya.

(gum)

loading...

Feeds