Mau Tahu Perkiraan Cuaca di Bulan Puasa? Simak di Sini

Ilustrasi cuaca (Pixabay)

Ilustrasi cuaca (Pixabay)

POJOKBANDUNG.com – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung memprediksi, musim kemarau di Indonesia akan dimulai Mei. Kondisi suhu udara diperkirakan bisa mencapai 30 derajat celcius.

Kepala Stasiun Geofisika Bandung, BMKG Bandung, Tony Agus Wijaya menuturkan, musim kemarau di Indonesia diawali dari wilayah timur pada April. Kemudian bergerak menyebar ke barat dan akhirnya menyeluruh ke wilayah Indonesia.

Dengan demikian pada bulan puasa sudah memasuki musim kemarau. “Saat puasa, merupakan transisi dari pancaroba dan awal musim kemarau,” tuturnya saat ditemui Radar Bandung, Kamis (12/4).

Tony memperkirakan, kemungkinan pada saat bulan puasa tersebut, suhu udara di antara 19 sampai 30 derajat celcius untuk kawasan Bandung.

Namun ia menjelaskan, pihaknya telah mendeteksi, tidak akan terjadi kemarau yang sangat ekstrim yang dapat berdampak pada lingkungan sekitara seperti kebakaran hutan atau kekeringan yang parah untuk di Bandung.

“Puncaknya bulan Juli, Agustus dan September,” jelasnya.

Pada umumnya, cuaca akan cerah tetapi masih ada curah hujan dengan intensitas yang ringan. Menurutnya, suhu di kawasan Jawa Barat (Jabar) sendiri memang beragam. Hal tersebut tergantung dari letak geografis, ketinggian tempat dan topografi sekitarnya.

“Namun, seperti tahun-tahun sebelumnya, saat bulan puasa temperatur suhu akan terasa semakin tinggi dan agak lebih panas,” imbuhnya.

Guna menghadapi masa arus mudik lebaran nanti, sesuai instruksi dari BMKG pusat, pihaknya akan memberikan pelayanan prakiraan cuaca tidak hanya pada level Kabupaten tetapi sampai level Kecamatan.

Informasi cuaca dari tingkat Kecamatan ini untuk mendukung kelancaran arus mudik sehingga masyarakat lebih mudah mengetahui jika terjadi adanya gangguan cuaca yang ekstrim.

“Hal tersebut bisa diakses melalui website BMKG dan juga melalui media sosial kita,” pungkasnya.

(gum)

loading...

Feeds