Sembunyikan Sabu dalam Pembalut, Perempuan Ini Terciduk di Bandara Husein Sastranagara

Bea Cukai Bandung gagalkan penyelundupan narkotika jenis methamphetamine alias sabu (Riana Setiawan/Radar Bandung)

Bea Cukai Bandung gagalkan penyelundupan narkotika jenis methamphetamine alias sabu (Riana Setiawan/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Bea Cukai Bandung menggagalkan upaya penyelundupan narkotika jenis methamphetamine alias sabu sebanyak 665 gram yang dibawa melalui jalur udara Bandara Husein Sastranagara Bandung.

Dalam penggagalan itu, Bea Cukai mengamankan perempuan berinisial IFW (25), warga negara Indonesia.

Kepala Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean A Bandung, Onny Yuar Hanantyoko mengatakan, pihaknya sudah mengamati yang bersangkutan sejak turun dari pesawat Malindo Air OD302 rute Kuala Lumpur-Bandung.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan petugas, diperoleh serbuk kristal berwarna putih yang diduga narkotika dan disembunyikan dalam pembalut yang digunakan oleh IFW,” kata Onny dalam jumpa pers di Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean A Bandung, Jalan Rumah Sakit Nomor 167, Bandung, baru-baru ini.

Onny menuturkan, dengan penggagalan yang dilakukan Bea Cukai, 4.655 jiwa terselamatkan dari penyalahgunaan narkotika, khususnya sabu. Hal itu dengan asumsi, tiap satu gram methaphetamine dapat dikonsumsi oleh tujuh orang.

“Keberhasilan ini merupakan aksi nyata Bea Cukai Bandung yang bersinergi dengan seluruh anggota airport interdiction dalam upaya memberantas peredaran narkotika di Indonesia guna melindungi masyarakat,” beber Onny.

Akibat aksinya, IFW dijerat dengan Pasal 102 huruf e Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2006 tentang perubahan atas UU Nomor 10 Tahun 1995 tentang Kepabeanan, dan Pasal 113 ayat (2) UU No 35 Tahun 2009 tentang Narkotika.

Wanita berwajah bulat, berkulit sawo matang, berambut panjang hitam lurus, perawakan besar dan sedikit berisi, dengan tinggi sekitar 155 centimeter itu terancam hukuman penjara di atas lima tahun dan denda paling sedikit Rp5 miliar.

(nda)

loading...

Feeds

Jelang Ramadan, yang Baru di J&C Cookies

Mendekati bulan Ramadan 2018, toko kue yang rencananya akan membuka cabang pertamanya di negara tetangga, Singapura, juga mengeluarkan varian terbarunya …