Lilis Santika: Kampung Siaga Bencana Diharapkan Minimalisir Korban Bencana

SERAHKAN BANTUAN: Jajaran Komisi VIII DPR RI secara simbolis menyerahkan bantuan truk serbaguna bagi KSB Panakukkang, Kamis (12/4/2018).

SERAHKAN BANTUAN: Jajaran Komisi VIII DPR RI secara simbolis menyerahkan bantuan truk serbaguna bagi KSB Panakukkang, Kamis (12/4/2018).

POJOKBANDUNG.com, MAKASSAR – Dalam upaya mencetak masyarakat agar lebih tanggap dalam penanganan bencana pemerintah saat ini terus mencetak Kampung Siaga Bencana (KSB) di seluruh wilayah Indonesia. Demikian disampaikan Anggota Komisi VIII DPR RI Lilis Santika usai melaksanakan kunjungan kerja dan meninjau Kampung Siaga Bencana di Desa Panakukkang Kecamatan Pallangan Kabupaten Gowa, Provinai Sulawesi Selatan, Kamis (12/4/2018).

Seperti diketahui banyaknya bencana yang terjadi di berbagai daerah di Indonesia mulai dari longsor, banjir membuat Kementerian Sosial dan Komisi VIII DPR RI membentuk kampung siaga bencana.

“Salah satu tujuan pembentukan kampung siaga bencana ini yakni untuk  mencetak masyarakat agar  lebih cekatan dalam penanganan bencana,” ujar Lilis Santika baru-baru ini.

Anggota dewan dari Fraksi PKB ini mengungkapkan tujuan dilakukannya kunker spesifik Komisi VIII ini untuk mengetahui sejauh mana realisasi pembentukan Kampung Siaga Bencana di Desa Panakukkang yang sebelumnya sering langganan banjir.

“Kami dari Komisi VIII DPR RI ingin menindaklanjuti agar penanganan bencana-bencana itu bisa dengan segera dilakukan salah satunya dengan membentuk Kampung Siaga Bencana ini dan di daerah-daerah lainnya,” jelasnya.

Hj Lilis yang membidangi agama, sosial dan pemberdayaan perempuan ikut terjun langsung melihat kondisi lapangan terkait disematkannya predikat KSB di Desa Panakukkang tersebut.

Dijelaskan pengasuh Pondok Pesantren Modern Annuur Sumedang ini bahwa Kampung Siaga Bencana memiliki banyak kegiatan.

“Seperti kegiatan melatih warga sekitar tentang kebencanaan, sehingga ketika bencana terjadi sebagian warga yang terlatih ini sudah mampu melakukan penanganan bencana kedaruratan, sehingga mampu meminimalisir berjatuhannya korban nyawa terutama,” imbuhnya.

Dalam kunjungan itu pula Komisi VIII DPR RI menyerahkan bantuan bagi Kampung Siaga Bencana Panakukkang berupa petahu karet, sepeda  motor dan truk serbaguna.

(*)

loading...

Feeds

Jelang Ramadan, yang Baru di J&C Cookies

Mendekati bulan Ramadan 2018, toko kue yang rencananya akan membuka cabang pertamanya di negara tetangga, Singapura, juga mengeluarkan varian terbarunya …