Kelurahan Suka Asih Gelar Pogram Posyandu Goes To Mall

IST
POSYANDU : Para orang tua  membawa anaknya ke Posyandu. Hampir seperempat balita di Kabupaten Bandung pernah menderita Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), buruknya lingkungan menjadikan penyebab tingginya angka tersebut.

IST POSYANDU : Para orang tua membawa anaknya ke Posyandu. Hampir seperempat balita di Kabupaten Bandung pernah menderita Inspeksi Saluran Pernafasan Atas (ISPA), buruknya lingkungan menjadikan penyebab tingginya angka tersebut.

POJOKBANDUNG.com – Kelurahan Suka Asih Kecamatan Bojongloa Kaler menjalankan program Posyandu Goes To Mall. Program ini untuk melayani masyarakat dengan lebih maksimal.

“Ini adalah inovasi kami, agar masyarakat lebih tertarik untuk datang ke Posyandu,” ujar Camat Bojongloa Kaler Eka Taufik Hidayat, baru-baru ini.

Eka mengatakan, program ini sudah dilaksanakan sejak tahun lalu, di Festival Citylink Mall, Jalan Peta.

Posyandu Goes To mall digelar setiap bulan secara bergiliran. Balita yang diperiksa adalah warga Kelurahan Suka Asih.

“Program ini cukup berhasil, berdasarkan catatan kami, ketika Posyandu pindah ke mall, balita yang diperiksa 97 persen dari 200 orang,” katanya.

Ke depan program ini akan dikembangkan, layanan akan ditambah. Baik jumlah posyandu penyelenggara, ataupun masyarakat yang dilayani.

“Kalau sekarang, kami baru melayani masyarakat sekitar. Ke depan, bukan tidak mungkin kita bisa melayani masyarakat lebih luas lagi,” katanya.

Program ini dilaksanakan, menurut Eka, untuk bisa mencapai Posyandu strata mandiri plus multi fungsi. Di mana, Posyandu bukan hanya memberikan pelayanan bagi ibu dan balita, tapi juga bisa menjadi tempat konseling.

“Baik itu konseling kesehatan, atau yang terkait dengan masalah keluarga,” terangnya.

Sementara itu, Sekretaris Camat Bojongloa Kaler Willy Yudilaksana mnjelaskan program lain yang merupakan inovasi di Kecamatan Bojongloa Kaler, yaitu taxi sehat.

Menurutnya, program tersebut inovasi dari Puskesmas Citarip, yang menyediakan angkutan dengan rute Komplek Bumi Kopo Kencana-Puskesmas Citarip.

“Angkitan ini disediakan, lantaran posisi Puskesmas Citarip yang tidak terjangkau angkot. Selain itu, kalau pakai angkutan umum lain, ongkos angkutannya lebih mahal ketimbang bayar Puskesmas nya,” papar Willy.

Karenanya, Puskesmas Citarip menyediakan satu unit mobil puskesmas keliling, yang beroperasi setiap Senin dan Kamis. Untuk mengangkut Pasien, secara gratis.

“Dengan begitu masyarakat merasa sangat terbantu,” tambahnya.

(mur)‎

loading...

Feeds

Jelang Ramadan, yang Baru di J&C Cookies

Mendekati bulan Ramadan 2018, toko kue yang rencananya akan membuka cabang pertamanya di negara tetangga, Singapura, juga mengeluarkan varian terbarunya …