250 Siswa SD Ikuti Olympiade Mipa Matematika

Ilustrasi olimpiade  (pgrionline.com)

Ilustrasi olimpiade (pgrionline.com)

POJOKBANDUNG.com – Dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kota Cimahi bekerjasama dengan Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Cimahi akan melaksanakan olympiade Matematika Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) di bidang matematika Sekolah Dasar (SD) se-Kota Cimahi.

Ketua PWI Tedi Kustiadi yang di dampingi seketaris PWI Laurent Lebuan mengatakan, pelaksanaan olympiade matematika tersebut akan di ikuti sebanyak 125 SD se- Cimahi. Masing masing sekolah akan mengirimkan siswa kelas limanya dua orang sehingga, ada 250 siswa yang akan ikut olympiade ini.

“Pelaksanaannya Sabtu 7 April 2018 di Gedung PKG Jalan Djulaeha Karmita, Kota Cimahi,” katanya, di Komplek Perkantoran Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusuma, baru-baru ini.

Menurut Tedi, olympiade tersebut akan memperebutka piala walikota Cimahi dan piala Dinas Pendidikan serta piala PWI ditambah hadiah berupa uang  pembinaan dengan total sebesar Rp 5 juta.

“Hadiah akan kami berikan kepada juara satu sampai harapan tiga. Masing masing yang juara juga mendapat uang pembinaan. Mudah mudahan dengan hadiah itu mereka terpacu,” ujarnya.

Tedi menjelaskan, tujuan dari olympiade ini, untuk melatih siswa dalam mengerjakan soal ujian. Sehingga kedepan mereka akan terbiasa mengerjakan soal soal ujian dengan dibebani waktu. Tidak hanya itu, lanjutnya, soal yang diberikan juga soal yang berbobot.

“Untuk soal sudah diseleksi oleh dinas pendidikan. Bobot soal sudah disesuaikan dengan materi kisi kisi sesuai dengan pelajaran yang mereka dapat. Peniliannya sesuai dengan nilai tertinggi dari yang peserta kerjakan,” jelasnya.

Ia berharap olympiade ini dapat menjadi bagian dari peran pers dalam ikut memajukan pendidikan dan meningkatkan kualitas pendidikan itu sendiri.

Terpisah Kadisdik Kota Cimahi Dikdik S Nugrahawan mengapresiasi keikut sertaan pers dalam meningkatkan kualitas pelajar di Kota Cimahi. Sebab hal tersebut sudah sejalan dengan apa yang dilakukan oleh disdik Cimahi.

“Ini bagian dari upaya meningkatkan mutu pendidikan di Kota Cimahi. Sepanjang kegiatan ini baik kita akan mendukung,” katanya.

Menurutnya olympiade ini merupakan bagian dari proses meningkatkan mutu pendidikan di Cimahi. Dan bisa dianggap olympiade ini sebagai ajang evaluasi mengenai kemampuan siswa.

“Mudah mudahan dengan adanya acara ini juga anak akan termotivasi untuk giat belajar,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Sandrina Pukau Warga Cianjur

‎Tahun ini Napak Jagat Pasundan (NJP) mengusung tema 'Keur Balarea', ada banyak konsep baru dan unik dalam pengemasannya dibandingkan tahun …