Mahasiswa dan Dosen Diminta Ikut Mensukseskan Pemilu

Universitas Jenderal Achmad Yani menggelar program Electainment On Campus: Rock The Vote Indonesia (Gatot/Radar Bandung)

Universitas Jenderal Achmad Yani menggelar program Electainment On Campus: Rock The Vote Indonesia (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Dalam upaya meningkatkan partisipasi pemilih di kalangan pemula, Universitas Jenderal Achmad Yani, menjalankan program Electainment On Campus: Rock The Vote Indonesia.

Kegiatan tersebut dilaksanakan di Gedung Psikologi Unjani Jalan Terusan Jendral Sudirman Kota Cimahi, Kamis (5/4).

Dalam kesempatan itu, Rektor Unjani Witjaksono menyatakan dukungannya atas program yang dijalankan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.

Terlebih, mahasiswa merupakan salah satu agen perubahan dan pemilu adalah salah satu tonggak sejarah mengubah nasib bangsa.

“Mahasiswa punya akses besar ke lingkungan masyarakat dan keluarga. Kami dorong mahasiswa Unjani untuk bisa menyuskeskan pemilu baik pilgub maupun pilpres,” katanya.

Dia menambahkan, setiap universitas termasuk Unjani, harus menyebarkan informasi maupun pendidikan politik terhadap mahasiswa oleh para dosen.

Dalam menyebarluaskan informasi yang berkaitan dengan politik, lanjut dia, tentunya harus melibatkan pihak penyelenggara yaitu, Komisi Pemilihan Umum dan Panitia Pengawas Pemilu.

“Diharapkan, dosen yang menjadi bagian dari tim penyelenggara pemilu turut menyebarkan informasi edukasi demokrasi lewat jaringan IT maupun jejaring media sosial,” tuturnya.

Sementara itu, Komisioner KPU Jabar Divisi SDM dan Parmas Nina Yuningsih, yang hadir dalam acara sosialisasi tersebut menyatakan, peran pemilih pemula pengaruhnya sangat signifikan.

Saat ini, pemilih muda di dalam total jumlah daftar pemilih Pilgub Jabar 2018 sebanyak 30 %, sekitar  9 jutaan pemilih dengan usia 17-29 tahun.

“Jadi, mengapa pemilih muda itu harus diberikan edukasi karena, cenderung labil dan perlu pembinaan pendidikan politik,” terangnya.

Nina menegaskan, kegiatan tersebut bukan hanya sekedar sosialisasi Pilgub Jabar saja namun, ada pula pendidikan politik dimana pihak penyelenggara tidak saja mentransfer informasi penyelenggaraan pilkada tapi, memberikan pemahaman kepada pemula.

“Sehingga diharapkan ada keinginan menyalurkan hak pilihnya. Selain itu, jangan sampai mereka salah dalam memilih calon pemimpinnya sendiri,” tandasnya.

Turut menambahkan, Direktur Center for Election and Political Party (CEPP) FISIP UI, Reni Suwarso Ph.D mengatakan, gerakan pendidikan pemilih muda dibawah naungan CEPP FISIP UI berjejaring dengan 45 PTN/PTS se Indonesia.

“Kegiatan Rock The Vote Indonesia (RTVI) bertujuan untuk belajar demokrasi, politik dan pemilu,” ujarnya.

Mahasiswa yang hadir dinilainya sangat antusias atas kegiatan tersebut. “Kalau hanya seperti di kelas bahas politik itu bikin ngantuk,” ucapnya.

Dengan pemberian penahaman soal pendidikan politik, lanjut Reni, para generasi muda akan menyebarkan kembali informasi yang didapat ke lingkungannya.

“Semakin banyak orang yang diberi informasi politik maka semakin besar efek bola salju penyebaran informasi politik tersebut,” ucapnya.

(gat)

loading...

Feeds