Tingkatkan PAD Parkir, DPRD Usulkan Perda

Ketua Pansus II DPRD Kota Cimahi, Ummi Kalsum (ragam.co)

Ketua Pansus II DPRD Kota Cimahi, Ummi Kalsum (ragam.co)

POJOKBANDUNG.com – Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Cimahi usulkan Peraturan Daerah (Perda) Perparkiran. Itu dilakukan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD).

Saat ini, usulan perda tersebut sedang diusulkan kepada Gubernur Jawa Barat. Selanjutnya akan diparipurnakan dan diundangkan paling lambat 90 hari setelah proses evaluasi yang dilakukan Provinsi Jawa Barat.

Ketua Pansus II DPRD Kota Cimahi, Ummi Kalsum, menjelaskan, tujuan dibuatnya perda perparkiran ini agar, tidak terjadi kebocoran dalam pendapatan. Selain itu, pembuatan Perda ini juga untuk meminimalisir terjadinya kemacetan yang diakibatkan oleh parkir liar.

“Dengan adanya perda, diharapkan bisa membantu untuk peningkatan PAD serta, ada transparansi dana penerimaan PAD dari perparkiran,” Kata Ummi, di ruang Komisi II Gedung DPRD Cimahi, Jalan Djulaeha Karmita, Kamis (15/3).

Dia menuturkan, dalam perda parkir tersebut pihaknya menawarkan beberapa alternatif pengelolaan. Salah satunya, fasilitas parkir dapat dikelola oleh pemerintah sebagai pembuat aturan atau dikerjakan oleh badan usaha.

“Sekarang kita akan menyusun parkir ini serapi mungkin misalnya, daerah yang macet karena banyak pertokoan. Kita harus pikirkan di mana lokasi parkirnya agar, pengguna parkir tidak sembarangan parkir,” tuturnya.

Ummi melanjutkan, pihaknya akan mengusulkan kepada pemerintah untuk membuat lokasi parkir dengan konsep vertikal.

Dari hasil mapping di lapangan, lanjut dia, ada tiga titik lokasi yang di usulkan DPRD Kota Cimahi. Parkir di basement taman mesjid Agung Cimahi, belakang Ramayana di Jalan Rio serta, di Jalan Gandawijaya yang lokasinya berdampingan dengan Cimahi mal.

“Dari tiga lokasi ini, dinilai memiliki potensi untuk membenahi PAD parkir. Sebab, masih ada ruang yang bisa dimanfaatkan,” ucapnya.

Selain pengelolaan dilakukan langsung oleh pemerintah atau badan usaha milik daerah, kata dia, pengelolaan parkir juga bisa dilakukan oleh pihak ketiga.

“Asalkan, dengan ketentuan setoran yang diberikan kepada pemerintah Kota Cimahi dihitung per tahun. Jadi, jelas dalam pendapatannya,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Sandrina Pukau Warga Cianjur

‎Tahun ini Napak Jagat Pasundan (NJP) mengusung tema 'Keur Balarea', ada banyak konsep baru dan unik dalam pengemasannya dibandingkan tahun …