Program Kandidat Pilgub Jabar, Simak di Sini

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

Debat Pilgub Jabar 2018 (Riana Setiawan/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Debat Publik Pilgub Jawa Barat 2018 putaran pertama menjadi ajang adu gagasan visi dan misi para kandidat.

Empat pasangan membeberkan program dan gagasannya masing-masing. Ridwan Kamil-Uu Ruzhanul Ulum (Rindu), TB Hasanuddin-Anton Chaliyan (Hasanah), Sudrajat-Ahmad Syaiku (Asyik) dan Deddy Mizwar-Dedi Mulyadi (DM-DM).

Pasangan Rindu menyampaikan bahwa kunci membangun kepemimpinan itu tidak harus formalistis, namun juga dibutuhkan cara-cara yang emosional dan psikologis.

“Selama lima tahun memimpin, kami juga jarang berkomunikasi. karena undangan dari provinsi juga bersifat formal. Ketemu hanya dipanggung-panggung yang sifatnya formal. Dibutuhkan cara-cara baru. Kita perlu membuat WA Grup. Agar bisa seminggu sekali menanyakan,” terang Emil, sapaan Ridwan Kamil.

Pasangan Hasanah, mengungkapkan sejumlah program yang dia tawarkan bersama Calon Wakil Gubernur Anton Charliyan terhadap pemilih di Pilkada Jabar 2018.

“Kami tak bicara visi dan misi, tapi kami akan sampaikan 7 program unggulan,” ucap Hasan, sapaan akrabnya.

Dia mencatat di Jawa Barat saat ini terdapat 3,8 juta warga miskin sehingga 7 program unggulannya memperhatikan masalah tersebut.

Pasangan Asyik pun menjanjikan seluruh desa di Provinsi Jabar terkoneksi internet.

Disampaikan oleh Sudrajat, jika ia dan Ahmad Syaikhu terpilih dalam Pilkada Jabar nanti, mereka akan memajukan bidang industri kreatif karena Provinsi Jawa Barat sudah didukung oleh banyak sumber daya manusia yang dapat diandalkan.

Syaikhu pun menyindir pohon di Kabupaten Purwakarta yang ditutup kain, sementara banyak warganya yang belum menggunakan baju layak.

Usai kegiatan, Dedi Mulyadi saat ditemui wartawan menyebut bahwa masih banyak yang belum faham akan pelestarian lingkungan.

“Yang tidak boleh itu menyembahnya, bagaimana melestarikannya atau merapatkan gimana kita,” ucapnya.

Sebanyak 1.600 kursi disediakan untuk keempat pendukung Paslon dalam Debat Publik Pilgub Jawa Barat 2018, di Gedung Sabuga, Kota Bandung, Senin (12/3).

Dari setiap pasangan calon diperbolehkan maksimal membawa 400 pendukung serta ada 300 kursi yang disediakan khusus untuk undangan.

KPU Provinsi Jawa Barat juga menyediakan panggung kesenian bagi 15 orang dari setiap pasangan calon untuk memeriahkan debat publik.

Sekretaris KPU Provinsi Jawa Barat, Heri Suherman menyebut untuk debat kandidat kedua dan ketiga akan dilaksanakan di Karawang dan Cirebon.

Acara yang dipandu oleh Rosiana Silalahi terlihat sangat santai namun meriah. Sebagai pengisi acara hadir Mario Ginanjar dan Saung Angklung Udjo.

“Debat kandidat Pilgub Jabar 2018 terdiri atas 6 sesi, yakni pemaparan visi misi, penyampaian pertanyaan oleh moderator, tanya jawab pasangan calon dalam dua sesi, pertunjukan kesenian tim sukses pasangan calon, dan tanya jawab yang diakhiri pernyataan penutup oleh pasangan calon,” bebernya kepada wartawan.

(nda)

loading...

Feeds