Kartu Keluarga Lama Tidak Berlaku Lagi, Waduh!

Pelayanan administrasi Cimahi (Gatot/Radar Bandung)

Pelayanan administrasi Cimahi (Gatot/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com – Kartu Keluarga (KK) lama dengan blanko warna merah yang masih bertandatangan camat setempat, kini tidak berlaku lagi di Kota Cimahi.

Pasalnya, menurut Undang-undang Nomor 23 Tahun 2013 tentang Administrasi Kependudukan, semua administrasi kependudukan termasuk KK harus tandatangan langsung Kepala Dinas kabupaten/kota.

“Itu perintah UUD bahwa KK itu harus tandatangan Kepala Dinas,” ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kota Cimahi, Suryadi.

Dia melanjutkan, saat ini pihaknya akan melakukan jemput bola ke masyarakat hingga semua KK lama milik warga bisa diperbaharui.

“Itu upaya kami agar, masyarakat mulai tertib administrasi,” katanya.

Dari data tertulisnya ia menyebutkan, selama dua minggu ini, pemutakhiran data sudah mencapai 500 KK dari wilayah Cimahi Utara.

“Diharapkan masyarakat aktif melalui RT/RW sehingga, KK di Cimahi sudah sesuai Undang-undang yang berlaku,” ucapnya.

Tujuan dilakukan pemutakhiran KK tersebut, jelas dia, agar data atau dokumen kependudukan di Kota Cimahi update atau tidak ketinggalan dengan kota/kabupaten lain.

Rencananya, proses pemutakhiran akan berlangsung hingga semua data KK di Cimahi ter-update seluruhnya. Khususnya KK yang masih ditandatangani oleh Camat.

“Targetnya sampai semua KK lama diperbaharui,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds