Pencoblosan Sudah Dekat, Disdukcapil Baru Kantongi 35 Ribu KTP untuk Coklit

Mobil pembuat e-KTP keliling Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung (Azis Zulkhair/Radar Bandung)

Mobil pembuat e-KTP keliling Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Bandung (Azis Zulkhair/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mengeluhkan masih banyak masyarakat yang belum merekam data pribadi untuk kebutuhan Pencocokan dan Penelitian (Coklit).

Keluhan Disdukcapil tak lain, masih banyaknya masyarakat yang berdomisili di Kota Bandung tetapi bekerja dan tinggal sementara di kota lain sehingga proses perekaman banyak terhambat.

Kepala Disdukcapil Kota Bandung, Popong W. Nuraeni menjelaskan, sampai saat ini perekaman Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) masih tetap berjalan dan terus menjemput bola untuk kebutuhan Coklit.

“Disdukcapil baru mengantongi 35 ribu e-KTP untuk coklit ya, dan itu juga masih banyak yang kurang,” Kata Popong saat ditemui Radar Bandung di hotel Grand Pasundan Jalan Peta nomor 147, Kota Bandung, baru-baru ini.

Kesulitan itu dikatakan Popong terkait sistem untuk coklit dengan metode, bay name dan bay adress, sehingga harus jelas dan yang bersangkutan harus benar ada di tempat.

Menurutnya, Disdukcapil selalu mendorong dan mengundang beberap yang belum melakukan perekaman KTP-el agar cepat di rekam.

“Karena banyak yang kerja di luar daerah jadi kami sangat sulit, pada saatnya nanti insallah kami mudah-mudahan sudah terekam semua,” ungkapnya.

Lanjut Popong, Kalaupun ketika H-satu pencoblosan pemilu Kota Bandung ada ditemukan beberapa warga yang belum merekam data, dikatakanya, akan tetap melakukan rekaman pada hari H, demi efisiensi kewajiban mencoblos.

“Kami tetap sediakan mobil Mapeling kami dibeberapa titik kecamatan, intinya kami juga mempermudah,” sambungnya.

Disinggung mengenai jumlah KTP-el yang terekam melalui Mapeling pada saat acara perekaman masal di Aula timur ITB, Popong menjelaskan, sudah menyelesaikan hampir 2,500 KTP-el sedangakan untuk Mapeling yang keliling kekecamatan kurang lebih 2000 KTP-el.

“Sudah selesai, selebihnya kami berikan ke kecamatan untuk membagikan KTP-el, bisa juga nanti kami hubungi via SMS,” ujarnya.

Untuk saat ini Disdukcapil dikatakan Popong, masih dalam proses menyelesaikan sisa rekaman baik dari masyarakat yang mendatangi kantor langsung dan melalui Mapeling.

(cr3)

loading...

Feeds