Pagarsih Dilanda Banjir, Begini Kata Pemkot Bandung

Musola kecil di RT 04 kelurahan cibadak kecamatan astanaanyar, ambruk oleh banjir.(Jumat 23/2) (Azis Zulkhairil/Radar Bandung)

Musola kecil di RT 04 kelurahan cibadak kecamatan astanaanyar, ambruk oleh banjir.(Jumat 23/2) (Azis Zulkhairil/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepala Dinas Pengerjaan Umum (DPU) Kota Bandung Arief Prasetya mengakui, banjir yang melanda Pagarsih, Kelurahan Cibadak, Kecamatan Astanaanyar,  merupakan yang terbesar dibandingkan di wilayah lain.

“Memang terjadi banjir di kawasan Gedebage, dan Paledang. Tapi hanya banjir cileuncang tidak sebesar yang di Pagarsih,” kata Arief.

Untuk mengatasi banjir, Arief mengatakan, pihaknya akan melakukan beberapa tindakan diantaranya, akan membuat kolam retensi kecil di kawasan Sirnaraga.

“Ini kan hulunya di Sirnaraga, jadi kita membuat kolam retensi di sini, untuk mengurangi debit air yang mengalir ke bawah,” katanya.

Menurut Arief, aliran Sungai Citepus tidak lurus, sementara seharusnya seperti sirip ikan, jadi bisa mengalir ke pinggir-pinggirnya.

“Karena aliran sungainya lurus, jadi air membludak di bawah,” tegasnya.

Selain itu, akan dilakukan normalisasi sedimen, karena berdasarkan pantauan, sudah banyak warga yang membuang berangkal ke sungai.

Hal lain yang akan dilakukan adalah, pemetaan kembali sungai-sungai di Kota Bandung.

“Peta sungai yang kami miliki, sudah terlalu lama. Sekarang kan sudah banyak perubahan, seiring bertambahnya jumlah penduduk di Kota Bandung,” tambahnya.

Halnya dengan kirmir yang roboh, Arief mengatakan akan segera memperbaikinya. Namun, untuk sementara, pihaknya akan membuat karung pasir.

“Mudah-mudahan karung pasir ini, bisa menahan luapan air,” tambahnya.

Kepada warga sekitar, Arief mengingatkan untuk tetap waspada khawatir terjadi banjir lagi. Karena curah hujan yang masih tinggi.

“Ini kan curah hujan nya bergantung yang di hulu. Karena walaupun di Kota Bandung tidak tinggi, tapi di kawasan Bandung Utara curah hujan tinggi, air tetap membludak,” paparnya.

Ditanya tentang kinerja tol Air, Arief mengatakan, kinerja tol air sudah bagus.

(mur)

loading...

Feeds