Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Taman Musik Jalan Belitung Bandung

Taman Musik Jalan Belitung Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung menjalin kerjasama dengan Ukraina dalam sektor budaya dan bisnis.

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya dan bisnis Indonesia kepada beberapa seniman dan pelaku bisnis Ukraina.

Kepala Bagian Kerjasama Pemkot Bandung, Dodit Pancapana menjelaskan, kerjasama tersebut antara lain mendatangkan satu seniman patung dan seorang pelaku bisnis asal Ukraina tersebut sudah beberapa hari lalu. Mereka bernama Konstain dan Balandin.

Kedatangan mereka selain misi kebudayan Ukraina dan KBRI, juga sebagai kunjungan balasan.

“Pada tahun lalu bapak wali Kota Ridwan Kamil ke KBRI di Ukrain, kemudian setelah berbincang, lahirlah kerjasama tersebut,” ujarnya setelah workshop membuat patung oleh seniman Ukraina di taman Dewi Sartika, Balai Kota Bandung, Jalan Wastukencana. Kamis (22/2).

Dodit melanjutkan, Konstain dan Balandin sudah diajak mengenal Kota Bandung, baik budaya maupun peluang-peluang usaha yang nantinya bisa memunculkan kerjasama antara pemkot Bandung dan Ukraina.

“Konstantin seorang seniman pembua patung dengan teknik moderen, sedangkan Balandin sedang kami ajak untuk melihat peluang bianis kopi,” ungkapnya.

Dodit menjelaskan, Konstain dan Balandin tidak hanya dilihatkan peluang bisnis dan pengenalan budaya. Mereka juga diminta mengenalkan salah satu budaya Ukraina melalui keahlian masing-masing.

“Beberapa waktu lalu mereka berdua membuat Worksop untuk mahasiswa  fakutas Seni  Institus Teknologi Bandung(ITB), kemudian sekarang diminta memberikan workshop untuk anak SD Sekota Bandung,” ujarnya.

Menurut Dodit, hal tersebut hanya untuk menumbuhkan kepada anak-anak muda Bandung, untuk bekal pengalaman.

“Untuk output pameran kita masih belum, cukup dengan workshop dulu,” sambungnya.

Ketika disinggung masalah kerja sama lain, dodit menjelaskan dalam waktu-waktu dekat, di pusat kota Ukraina akan ada  mini city Bandung, itu dikatakan Dodit sebagai tawaran dari Negara Ukraina melalui KBRI di Ukraina.

“Kota Kiev, Ukraina, ada taman Indonesia corner, di situ akan kami isi dengan ciri khas-ciri khas kota Bandung, jadi semacam little Bandung,” ungkapnya.

Masih kata Dodit, beberapa hari lalu Ridwan Kamil sudah membuat desain taman tersebut, dikatakanya tinggal menunggu kelanjutan dari KBRI di Ukraina saja.

“Tunggu saja nanti gimana-gimananya, yang jelas sudah di buat disain oleh Walikota,” pungkasnya.

(cr3)

loading...

Feeds