Ada 13 Kasus Penyerangan Ulama Hoax

apolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Maryoto

apolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Maryoto

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat menerima 15 informasi penyerangan terhadap ulama di Jawa Barat. Namun, hasil penyelidikan 13 diantaranya adalah hoax (berita bohong, red).

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Agung Maryoto menjelaskan, hanya dua kasus yang benar-benar terjadi yaitu kasus penyerangan terhadap Almarhum Ustadz Parwoto dan juga ustadz Umar Basyri di Cicalengka.

“Dari ke 13 ada yang di proses hukum ada yang di upload langsung minta maaf,” ujar Agung di RS Sartikaasih, Kota Bandung, Jumat (22/2/2018).

Dari ke-13 informasi hoax tersebut, lanjut Agung, tersebar di beberapa daerah di Jawa Barat yaitu, Sukabumi, Bogor, Garut dan terakhir yang informasi adalah di Cimahi.

“Seperti Cimahi, belum terjadi apa-apa hanya masyarakat curiga ada orang tidak dikenal berkeliaran mencurigakan sehingga kita lapor ke Polisi, dari Polisi ditindak lanjuti dan kita panggil Dokter,” tuturnya.

Disinggung perihal pidananya, pihak Polda Jawa Barat bersama Mabes Polri masih akan terus melengkapi alat buktinya. Begitu pula dengan kasus yang telah nyata terjadi sebelumnya dimana pelaku di vonis gangguan jiwa, kepolisian juga akan melakukan proses hukum.

“Tidak sampai disitu kepolisian akan terus mendalami kasus ini apakah terdapat kolerasi antara kasus hoax dan 2 kasus lainnya. Adapun 13 kasus informasi hoak hingga kini kepolisian belum menemukan adanya keterkaitan potensi kerjasama. Kita gunakan IT karena kalo manual akan sulit, sekarang tim dan polda sedang bekerja keras Insyaallah dapet hasilnya,” pungkasnya.

(nda)

 

loading...

Feeds