Pemkot Cimahi Segera Lakukan Rotasi

Walikota/wakil Walikota Cimahi terpilih Ajay M Priatna-Ngatiyana usai dilantik di Gedung Sate, Bandung (Minggu (22/10). (ist)

Walikota/wakil Walikota Cimahi terpilih Ajay M Priatna-Ngatiyana usai dilantik di Gedung Sate, Bandung (Minggu (22/10). (ist)

POJOKBANDUNG.com – Rotasi dan Mutasi pejabat esselon di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi akan segera dilaksanakan. Hal tersebut dilakukan karena, kebutuhan organisasi.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kota Cimahi Hardjono, menjelaskan, mutasi atau promosi jabatan ini mutlak harus dilakukan mengingat, kebutuhan organisasi masing-masing Satuan Kerja Perangkat Dinas (SKPD).

“Untuk rotasi bisa jadi promosi jabatan atau ada yang turun esselon,” kata Hardjono, kemarin.

Adanya kekosongan jabatan dalam organisasi, kata dia, jelas harus segera diisi. Apabila kebutuhan pejabat tidak segera dipenuhi, tentu akan menjadi suatu hambatan dalam menggerakan roda orgasnisasi.

Namun demikian, ia menyebutkan, sesuai dengan Undang-Undang, Kepala Daerah tidak boleh melakukan pelantikan sebelum 6 bulan masa pelantikannya kecuali mendapat izin dari Menteri Dalam Negeri.

“Maka, Pemkot Cimahi harus meminta izin terlebih dahulu kepada kementerin dalam negeri,” terangnya.

Sementara itu, pelantikan pejabat baru di jajaran Pemerintah Kota Cimahi terakhir dilakukan pada bulan Desember 2016. Namun di sepanjang tahun 2017, tidak ada promosi jabatan bagi pejabat pemerintahan.

Bagi seluruh jajaran Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemkot Cimahi, kata dia, dengan adanya rencana mutasi dan rotasi ini diharapkan, tidak dijadikan suatu kegelisahan. Sebab, adanya mutasi atau promosi ini karena kebutuhan organisasi.

“Dalam penentuan pejabat yang akan dimutasi maupun promosi, dilakukan melalui mekanisme organisasi,” tuturnya.

“Jadi bukan karena loyal terhadap personal pejabat tertentu. Jangan sampai momen itu dijadikan lahan bagi oknum-oknum tertentu untuk mencari keuntungan materi karena hal itu tidak benar,” lanjutnya.

Untuk memenuhi kebutuhan organisasi, saat ini di lingkungan Pemerintahan Kota Cimahi memiliki kekosongan di beberapa posisi diantaranya, kekosongan 5 kepala dinas, 1 sekretaris dinas, dan 5 kepala bidang.

“Artinya, kekosongan jabatan itu harus segera diisi lantaran akan mengganggu kelancaran roda organisasi jika terus-terusan dalam keadaan kosong,” pungkasnya.

(gat)

loading...

Feeds

Sandrina Pukau Warga Cianjur

‎Tahun ini Napak Jagat Pasundan (NJP) mengusung tema 'Keur Balarea', ada banyak konsep baru dan unik dalam pengemasannya dibandingkan tahun …