Wahai Perempuan, Sebaiknya Hati-hati Beli Kutang Impor

Ilustrasi. Toko pakaian dalam perempuan di Bandung. (Gumilang/Radar Bandung)

Ilustrasi. Toko pakaian dalam perempuan di Bandung. (Gumilang/Radar Bandung)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Bandung menghimbau kepada para perempuan agar lebih berhati-hati dalam membeli beha, bra atawa kutang impor.

Sebelumnya, ditemukan laporan seorang warga di Padang Pariaman, Sumatera Barat, Senin (19/2) melaporkan ke dinkes setempat terkait bra impor mengandung cairan bakteri yang menyebabkan gatal serta nyeri pada payudara.

Kepala Dinas Kesehatan (Kadinkes), Rita Verita mengatakan, sampai dengan saat ini belum ditemukannya laporan dari warga Bandung khususnya perempuan terkait adanya beha impor yang mengandung cairan bakteri atau sesuatu yang berbahaya.

“Kita bakal pantau ke lapangan jika ada indikasi penjualan bra impor yang mengandung zat berbahaya tersebut,” kata Rita saat dihubungi Radar Bandung (pojokbandung.com).

Ia menjelaskan, cairan bakteri, zat kimia ataupun sesuatu yang berbahaya lainnya seperti silikon, jika bersentuhan dengan kulit secara langsung apalagi bagian payudara perempuan dapat menyebabkan alergi dan infeksi.

“Jika dibiarkan terlalu lama, akan bahaya,” tegasnya.

Rita menuturkan, jika ditemukannya laporan seperti kasus yang sama, Dinkes Kota Bandung akan langsung terjun ke lapangan dan mengambil sampel bra yang diduga mengandung cairan bakteri atau sesuatu yang berbahaya untuk selanjutnya dilakukan pemeriksaan laboratorium di Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Kota Bandung.

Jika hasil pemeriksaannya memang ditemukan adanya zat kimia atau bakteri berbahaya, barulah pihaknya mengambil tindakan pembersihan di pasaran.

“Kita gak bisa langsung tarik semua bra impor di pasaran, tapi kita coba cek dan bawa uji sampelnya ke laboratorium. Jika benar ada zat berbahaya yang terkandung di dalam bra, kita akan segera menariknya dari pasaran,” tuturnya.

(cr1)

loading...

Feeds