Pemkab Gulirkan PSPM Raksa Desa 2018

Sosialisasi PSPM Raksa Desa Tahun 2018 di Gedung Korpri Soreang, Senin (19/2).

Sosialisasi PSPM Raksa Desa Tahun 2018 di Gedung Korpri Soreang, Senin (19/2).

POJOKBANDUNG.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bandung menggulirkan Program Sabilulungan Pemberdayaan Masyarakat (PSPM) Raksa Desa tahun 2018.

Sebagai salah satu mekanisme dalam upaya percepatan penanggulangan kemiskinan, program yang diadopsi dari Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Mandiri (PNPM) itu akan mengalokasikan anggaran sebesar Rp13,5 miliar.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten  Bandung Ir. H. Sofian Nataprawira MP mengatakan, dalam pengelolaannya, Pemkab telah mengeluarkan Peraturan Bupati Bandung Nomor 8 tahun 2018 tentang Pedoman Bantuan Keuangan PSPM Raksa Desa.

Sekda menilai kegiatan Raksa Desa yang sebelumnya sudah dicanangkan, dimaksudkan untuk mempercepat pencapaian peningkatan kualitas dan kuantitas pembangunan.

“Dalam pengelolaan PSPM Raksa Desa tahun ini, Pemkab telah mengeluarkan Perbup dengan alokasi sebesar Rp.13,5 miliar, untuk masing-masing desa mendapatkan Rp.50 juta. Berdasarkan ajuan dari masing-masing desa, pelaksanaan bantuan keuangan PSPM Raksa Desa untuk 2018 ini meliputi beberapa kegiatan untuk menunjang peningkatan kesejahteraan rakyat,” ujar Sofian Nataprawira.

Sofian menyampaikan hal tersebut saat membuka acara Sosialisasi PSPM Raksa Desa Tahun 2018 di Gedung Korpri Soreang, Senin (19/2).

Sasaran kegiatan yang akan didanai PSPM Raksa Desa tersebut, lanjut Sekda, yakni Pengadaan dan atau Perbaikan Sarana Pendukung Rumah Sehat, MCK sesuai standar teknis yang ditetapkan pemerintah sesuai dengan ketentuan teknis;

Lalu, sarana pengolahan sampah rumah tangga, pemanfaatan lahan pekarangan melalui Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL), Pengelolaan Tanaman Obat Keluarga (Toga) serta Sabilulungan Tanam Pohon Kesayangan (Satapok).

“Selain itu,  pengadaan lahan untuk Pembangunan Tempat Pembuangan Sampah Sementara (TPSS) serta  Sasaran kegiatan diarahkan untuk mendukung Program Citarum Harum dan 1000 Kampung” ungkapnya didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Drs. H. Tata Irawan Subandi.

Lebih lanjut Sekda mengungkapkan, prioritas PSPM Raksa Desa dianggap sudah sesuai dengan 5 program prioritas pembangunan Kabupaten Bandung, di antaranya peningkatkan bidang SDM dengan memberdayakan masyarakatnya dan bidang infrastruktur dalam hal pembangunan sarana dan prasarana fisik.

“Untuk mewujudkan percepatan pembangunan bukan hal mudah, dibutuhkan kerja kersa bersama secara sabilulungan bahu membahu antara peran serta pemerintah dan masyarakat melalui peningkatan partisipasi juga memberdayakan sumber daya lokal masyarakat secara mandiri,” imbuh sekda.

Sekda berpesan agar Kepala Desa bisa menjalankan program sesuai dengan peruntukannya, sehingga pembangunan benar-benar bisa dirasakan masyarakat. Dia berharap juga agar terjalin komunikasi yang harmonis antara Pemkab, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Kecamatan, Pemerintah Desa, BPD serta masyarakat.

Sementara, Kepala Bidang Kelembagaan dan Partisipasi Masyarakat pada DPMD Kabupaten Bandung  Dra. Hj. Rohmiasih mengatakan, sosialisasi yang dilakukan bertujuan sebagai media penyampaian PSPM Raksa Desa yang disinergikan dengan kebijakan pembangunan Kabupaten Bandung.

“Selain itu,  tujuan dilakukannya sosialisasi ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam kesepahaman bersama antara Pemkab Bandung selaku pemberi dan Pemerintah Desa selaku penerima bantuan, dan untuk pencairan bantuan keuangan PSPM Raksa Desa ini akan  di cairkan dalam satu tahap,“ tandasnya.

Turut hadir selaku narasumber, diantaranya Kepala Dinas Lingkungan Hidup Asep Kusumah, Ketua Komisi A DPRD Kabupaten Bandung Cecep Suhendar, dari unsur Inspektorat dan Badan Keuangan Daerah Kabupaten Bandung serta  tokoh masyarakat, dengan jumlah peserta sebanyak 315 orang.

Peserta terdiri dari para Kasi Pemberdayaan Kecamatan, Perangkat Daerah, Forum Kecamatan, Para Kepala Desa, Asosiasi Perangkat Desa Seluruh Indonesia (APDESI), Forum Kabupaten Bandung Sehat (FKBS) dan Badan Permusyawaratan Desa (BPD).

(*/men/pojokbandung)

loading...

Feeds