Hati-hati! Siklon Tropis Bernama Kevin dan Gita Landa Jawa Barat, Ini Dampaknya

Hujan di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

Hujan di Bandung. Iman Herdiana/Pojokbandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Bandung menyatakan, perubahan cuaca yang terjadi di wilayah Bandung beberapa hari ini disebabkan siklon tropis bernama Kevin dan Gita.

Siklon tersebut menyebabkan kondisi panas di siang hari ini, sedangkan malam harinya hujan.

Prakirawan BMKG Bandung, Neneng Sugianti mengatakan, munculnya kedua siklon tersebut berasal dari wilayah Australia barat yang dinamakan Kelvin dan timur Australia bernama Gita.

Keberadaan siklon tropis Kelvin dan Gita menyebabkan angin kencang berkecepatan 36 – 46 kilometer per jam yang berdampak di wilayah Indonesia.

Lanjutnya, paparan angin tersebut bergerak ke arah Barat hingga Barat Laut di Jawa Barat khususnya Bandung serta didukung dengan banyaknya daerah belokan angin.

“Siklon tropis Kelvin dan Gita tidak termasuk dalam kategori ekstrem, hanya saja akan berdampak hembusan angin kencang dan curah hujan di beberapa wilayah di Indonesia,” ungkapnya saat ditemui Radar Bandung (pojokbandung.com) di Stasiun Geofisika Kelas I Bandung, Jalan Cemara, Kota Bandung, Selasa (20/2).

Prakirawan BMKG Bandung, Neneng Sugianti (Gumilang/Radar Bandung)

Neneng menuturkan, siklon tropis yang ada sekarang ini lokasinya sangat jauh dari ekuator dan kepulauan Indonesia. Jaraknya sekitar 20,5 derajat lintang selatan dan bergerak menjauhi lintang tersebut ke arah tenggara benua Australia.

Dengan demikian, tidak perlu khawatir dampak cuaca buruk akan melanda wilayah tanah air.

Namun, kecepatan angin di atas normal akibat siklon Kelvin dan Gita, berdampak pula pada pola hujan di wilayah Jawa Barat yang saat ini umumnya masih dalam musim hujan.

Hal itu disebabkan awan hujan yang terbentuk akan buyar kembali oleh tiupan angin yang cukup kencang di lapisan atas.

loading...

Feeds