Ini Nomor Urut Kontestan Pilgub Jabar, Pengundian Dihibur Pass Band

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan nomor urut keempat pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur, Selasa (13/2) malam. (RIANA SETAIAWAN/RADAR BANDUNG)

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jawa Barat telah menetapkan nomor urut keempat pasangan calon (paslon) gubernur dan wakil gubernur, Selasa (13/2) malam. (RIANA SETAIAWAN/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Calon gubernur Jawa Barat akhirnya punya nomor urutnya masing-masing. Tadi malam, Selasa (13/2), keempat pasangan sudah mengantongi nomor yang menjadi identitas di Pilgub Jabar 2018.

Pengundian dikemas dalam rangkaian acara formal dan dibalut rangkaian kesenian tradisional. Acara dimulai pukul 19.00 WIB itu, dibuka dengan tarian tradisional.

Teknis pengundiannya, para calon mengambil nomor urut dari sebuah kendi. Mereka, bersama-sama memecahkan kendi yang di dalamnya ada nomor urut.

Hasilnya, Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul Ulum (Rindu) mendapat nomor urut 1. Kemudian, pasangan TB Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) memperoleh nomor urut 2;

Pasangan Sudrajat-Syaikhu (Asyik) memperoleh nomor 3 dan pasangan Deddy Mizwar dan Dedi Mulyadi (2DM) memperoleh nomor urut 4.

Usai memperoleh nomor urut, semua calon dihibur band cadas Pass Band yang menyanyikan lagu berjudul “Rumah Kita”.

Kemudian, secara bersama-sama mereka membacakan Deklarasi Damai, dan Deklarasi Pemilihan Damai Pilgub Jabar 2018.

Sementara itu, suara gedung tempat acara terdengar riuh. Karena, masing-masing Cagub membawa pendukung dan menyanyikan yel-yel masing-masing.

Pasangan Cagub sendiri, baru mengambil nomor antrian untuk secara bergilir mengambil nomor urut.

Ketua KPU Jabar, Yayat Hidayat mengatakan, ingin Pilgub Jabar sebagai wahana demokrasi rakyat tak hanya di Jabar tapi juga dunia. Apalagi, sepanjang sejarah pemilihan di Jabar selalu damai, tertib dan aman.

Yayat meminta, semua lapisan masyarakat mendukung politik yang baik, bermartabat, penuh kehormatan dan perjuangan.

Komisioner KPU Jabar, Endun Abdul Haq, teknis pengundian kali ini berbeda dengan pilgub sebelumnya, karena para paslon mengambil nomor urut dari sebuah. “Itu sebuah simbol, yang sarat makna,” ucapnya.

(peh)

loading...

Feeds