Ini Hasil Survei Pilgub Jabar Terbaru, Siapakah Memimpin?

Rilis survei Indo Barometer (RMOL Jabar)

Rilis survei Indo Barometer (RMOL Jabar)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Lembaga survei Indo Barometer merilis hasil survei terbarunya terkait tingkat keterpilihan (elektabilitas) para kontestan Pilgub Jabar 2018.

Dari survei periode 20 hingga 23 Januari 2018 itu, menunjukkan elektabilitas tertinggi diraih pasangan calon gubernur dan wakil gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil – Uu Ruzhanul, yakni 44,8 persen.

Di urutan kedua bertengger pasangan Deddy Mizwar – Dedi Mulyadi atau 2 DM dengan prosentase 27,9 persen.

Ketiga, Tubagus Hasanuddin-Anton Charliyan (Hasanah) meraih 1 persen dan pasangan Sudrajat-Syaikhu (Asyik) 0,9 persen.

Peneliti Lembaga Survei Indo Barometer, Asep Saepudin mengatakan, saat ini tren dinamika pengenalan calon sedang berkembang di wilayah Jawa Barat.

“Kita sudah melakukan survei sebanyak empat kali, tren dinamika pengenalan calon saat ini berkembang pesat,” kata Asep di sela pemaparan hasil survei di Hotel Bidakara Savoy Homann, Jalan Asia Afrika, Bandung, Selasa (13/2).

Menurutnya, tertinggalnya pasangan Asyik dan Hasanah dikarenakan faktor popularitas yang masih rendah.

Pasangan Hasanah dan Asyik baru diperkenalkan ke publik menjelang pendaftaran ke KPU Jabar pada 8 hingga 10 Januari 2018

“Untuk pasangan Asyik dan Hasanah, karena masih baru maka masih kurang popularitasnya,” terangnya.

Asep menambahkan, di samping elektabilitas dan popularitas pasangan calon harus dibarengi dengan tingkat kesukaan masyarakat.

“Di sisi lain, tingkat kesukaan akan lebih mendekatkan kepada pemilih,” tandas Asep.

Perlu diketahui, jumlah responden yang digunakan Indo Barometer berjumlah 800 orang dengan margin of error plus minus 3,46 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen.

(bon/roml jabar)

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …