Komunitas Ini Getol Kampanye Matikan Lampu

Komunitas Earth Hour Bandung

Komunitas Earth Hour Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Zaman sekarang banyak kegiatan dan komunitas yang menyerukan seruan hemat energi. Anak muda berlomba-lomba membantu pemerintah dengan segala cara, agar masyarakat lebih bijak lagi menggunakan energi.

Salah satunya, Earth Hour Bandung. Komunitas yang berawal dari sebuah gerakan ini dengan rutin menggelar kegiatan-kegiatan yang mengajak masyarakat untuk hemat energi, terutama listrik.

“Earth Hour ini adalah sebuah gerakan global yang sudah ada sejak 2007 dan di inisiasi oleh WWF (World Wide Fund for Nature), kalau di Indonesia dari 2008,” terang Koordinator Kota Earth Hour Bandung, Saepul Hamdi, beberapa waktu lalu.

Earth Hour Bandung sejak tahun 2011 sudah terorganisir. Kegiatan rutin yang dilakukan adalah gerakan SEMALAM (Serentak Matikan Lampu), yaitu salah satu program kerja Earth Hour Bandung 2018  untuk mematikan listrik selama 60 menit.

Kegiatan ini sudah mendapat dukungan dari Pemerintah Kota Bandung melalui surat edaran Walikota Bandung, Ridwan Kamil sejak 27 Oktober 2014 yang bertepatan dengan Hari Listrik Nasional.

Berdasarkan Surat Edaran Pemkot Bandung, program SEMALAM menghimbau masyarakat untuk melakukan penghematan energi listrik melalui pemadaman lampu di rumah dengan jadwal adalah setiap hari Selasa dan Jum’at pukul 21.00 – 22.00 WIB, dan untuk instansi dan korporasi setiap hari Jum’at pada minggu ke tiga pada pukul 21.00 – 22.00 WIB.

“Matikan lampu ini sebenarnya hanya simbol saja untuk kemudian mengajak masyarakat untuk lebih bijak menggunakan listrik dan energi, dan ini sifatnya mengajak bukan memaksa,” ucapnya.

Selain SEMALAM, ada juga Simargi atau Edukasi Hemat Energi. Yaitu kampanye sosial tentang hemat energi, yang ditujukan untuk anak sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA.

“Dalam waktu dekat, kami juga membuat program BYB atau beli yang baik. Edukasi kepada masyarakat agar menjadi konsumen yang baik,” ungkapnya.

Sampai tahun 2018, jumlah anggota Earth Hour berjumlah 120 champion terdiri dari koordinator dan divisi. Komunitas yang berada dibawah Jaringan Komunikasi Bandung Bijak Energi juga berharap kedepannya bisa lebih banyak masyarakat yang ikut kampanye ini.

“Semoga kegiatan ini engga cuma di ikuti oleh teman-teman di Bandung saja , tapi juga oleh seluruh Indonesia. Tidak harus dari hal yang besar, bisa juga mulai yang kecil untuk hemat energi, seperti matikan lampu kalo tidak terpakai,” tutupnya.

(cr2)

loading...

Feeds