Pembangunan SD Baros Mandiri III Mangkrak setelah Habiskan Duit Rp 5,6 Miliar

Pembangunan SD Baros Mandiri III. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Pembangunan SD Baros Mandiri III. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Sudah tiga tahun pembangunan gedung Sekolah Dasar (SD) Baros Mandiri III tidak dilanjutkan. Kondisi bangunan sekolah yang berlokasi di Jalan Baros itu tak terlihat seperti sebuah bangunan.

Hanya kerangka baja yang berdiri tanpa atap maupun dinding. Rumput liar tumbuh melengkapi ketidakterurusan bangunan.

Saat ini, bangunan tersebut dimanfaatkan warga sebagai tempat penyimpanan mobil dan bahan mebel.

Anggota Badan Anggaran (Bangar) DPRD Kota Cimahi, Muchlisin, menyebutkan, awal pembangunan SD itu dimulai dengan pembelian lahan pada tahun 2014.

Baru di bulan Agustus 2015, pembangunan dilanjut dengan alokasi anggaran sebesar Rp 3,4 miliar. Akan tetapi, memasuki tahun 2015 pembangunan terhenti begitu saja.

“Saya tidak tahu pasti kenapa pembangunannya dihentikan. Kemungkinan karena anggarannya tidak cukup,” kata Muchlisin, Selasa (6/2).

Memasuki 2016, lanjut dia, pembangunan sekolah itu tidak masuk dalam Aangaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) murni oleh Pemerintah Kota (Pemkot) Cimahi.

“Akhrinya pembangunan lanjutan pun dianggarkan senilai Rp 2,2 miliar melalui anggaran perubahan tahun 2016. Tapi tidak terlihat hasilnya,” tuturnya.

Tidak dilanjutkanya pembangunan sekolah tersebut, kata dia, membuat pihaknya merasa heran dengan kebijakan Pemkot Cimahi.

Terlebih, memasuki tahun anggaran 2017 dan 2018, untuk kelanjutan pembangunan sama sekali tidak dianggarkan.

“Jadinya, pembangunan itu kembali mangkrak,” ucapnya.

Dari keseluruhan anggaran, pembangunan sekolah SD Negeri Baros Mandiri III sudah menghabiskan duit Rp 5,6 miliar. Itu pun belum termasuk pengadaan lahan.

Pembangunan lanjutan SD Negeri Baros Mandiri III, Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pendidikan mengharap Provinsi Jawa Barat untuk memberikan bantuan pendanaan.

loading...

Feeds