Asyik, Wisata dengan Bandros Baru di Kota Bandung

Warga melintasi kendaraan Bandung Tour on the Bus (Bandros) warna-warni yang berderet di Plaza Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Warga melintasi kendaraan Bandung Tour on the Bus (Bandros) warna-warni yang berderet di Plaza Balaikota Bandung, Jalan Wastukancana. FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bus pariwisata Bandung Tour on Bus (Bandros) sejak lama memang menjadi primadona bagi wisatawan yang datang ke Bandung. Baru-baru ini, Pemerintah Kota Bandung menambah 12 Bandros baru.

Keberadaan bus baru tersebut akan melengkapi enam Bandros yang sebelumnya didapat dari berbagai CSR perusahaan.

Wali Kota Bandung, Ridwan Kamil, berharap dengan bertambahnya jumlah Bandros bisa menarik minat wisatawan ke Bandung.

Bus Bandros baru yang dimiliki Pemkot Bandung mempunyai warna-warna terang dengan desain indah. Mengusung tema art deco yang sangat kental dengan nuansa jadul, menjadi ciri khas bus yang beroperasi Februari ini.

Bandung Tour on the Bus (Bandros). FOTO: RIANA SETIAWAN/RADAR BANDUNG

Dekorasi bus sengaja dibuat unik, sehingga tampak beda dengan transportasi-transportasi yang ada di kota Bandung.Jumlah bus berkapasitas 24 orang itu ke depan kemungkinan akan ditambah.

Bandros baru memiliki balkon dan lebih kecil, namun dari segi warna mengalami banyak perubahan, seperti pink, ungu, hijau, kuning, dan hitam.

“Bandros yang warna hitam, nantinya akan dipergunakan untuk tamu-tamu VIP. Kedepannya lebih di sempurnakan lagi, mulai dari interiornya juga akan lebih dibuat eksklusif,” jelas Ridwan Kamil.

Tersedia lima jalur yang akan dilalui bus baru ini. Kelimanya merupakan rute wisata yang sudah disetujui beberapa pihak, salah satunya Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Bandung (Disparbud).

Kepala Dinas Perhubungan Kota Bandung, Didi Ruswandi mengatakan, jalur-jalur yang akan dilewati akan terbagi menjadi Jalur Hijau, Pink, Kuning, Ungu, dan Biru.

Jalur Hijau yaitu Daerah UPI, Setrasari, Cihampelas, China Town, dan Alun-alun Bandung. Jalur Pink akan melewati daerah taman budaya dan taman jomblo.

Lalu, Pusdai, Fly Over Pelangi, Pacuan Kuda, Surapati Core, Alun-Alun Ujung Berung, Gatot Soebroto, dan Kiara Condong akan menjadi Jalur Ungu, dan kawasan Museum Sri Baduga, Cibaduyut, Tegalega, Buah Batu menjadi Jalur Biru yang siap dilewati.

Ke depannya, tarif yang akan dipungut setiap menaiki Bandros sebesar Rp25-50 ribu untuk one day trip dan Rp10-15 ribu per orang untuk satu kali jalan.

(cr2)

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …