Wow! Batagor Instan ‘Yoel’s’ Made In Cimahi sampai ke Amerika

Batagor Instan Yoel's. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

Batagor Instan Yoel's. Foto: Gatot Puji Utomo/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Salah satu produk Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) yang ada di Kota Cimahi mampu menembus pasar internasional. Produk tersebut adalah Batagor ‘Yoel’s’.

Saat ini, makanan berbahan dasar tahu dan aci itu telah tersebar hingga mancanegara.

Impor batagor kuah instan itu sadah sampai ke Amerika Serikat, Jepang, Hongkong, Taiwan, Qatar, Australia, dan Kanada.

Yang menarik dengan batagor ini adalah bentuknya yang berbeda dengan batagor pada umumnya. Bentuknya kering namun diberi kuah lengkap dengan bumbunya.

Jika ingin menyantap jajanan khas Cimahi ini, tinggal menyeduhnya dengan air panas.

Inovasi kuliner batagor kuah instan tersebut, pertama kali diperkenalkan oleh Yuliawati (40).

Munculnya ide untuk menciptakan kuliner inovatif itu, Yuli sapaan akrabnya, mengatakan, berawal dari keinginannya untuk menyediakan makanan siap saji yang tidak perlu repot saat hendak memasaknya.

Terutama bagi orang-orang yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya.

Selain itu, batagor kuah instan tersebut diharapkan mampu mendongkrak ekonomi lokal dan memotivasi para pelaku UMKM lain khususnya di Kota Cimahi.

“Saya sengaja bikin kuliner instan karena bisa dimakan kapa saja asalkan jangan sampai lebih dari enam bulan,” ungkapnya.

Batagor terbuat dari tahu yang dibalut ikan tenggiri. Proses penggorengannya dilakukan dua kali. Setelah itu, dilanjutkan pada proses penirisan minyak. Setelah kering, baru dilakukan pengemasan.

“Proses penirisan minyak ini agar mampu bertahan hingga enam bulan,” katanya.

Pembuatan batagor Yoel’s dibantu oleh 20 karyawan. Dalam dua hari, Yoel’s memproduksi sedikitnya 1.000 kemasan batagor yang siap dipasarkan ke seluruh Indonesia maupun luar negeri.

“Tergantung pesanan, kalau lagi banyak bisa lebih dari seribu kemasan,” ucapnya.

Terus meningkatnya pemesanan teradap kuliner yang satu ini, tidak terlepas dari cara pemasaran yang baik serta diutamakan sebuah kejujuran dalam berniaga.

Yuli juga menjalankan sistem pemasaran online. Sehingga usaha ini tak perlu menunggu lama untuk medapatkan tempat di pasaran.

“Alhamdulilah pesanan semakin hari terus meningkat,” ucapnya.

Seiring dengan respons pasar yang sangat bagus, Yuli pun memberanikan diri mengembangkan usahanya dengan melirik kuliner lain seperti pempek instan dan bakso malang instan.

Nah, buat kalian yang ingin mencoba langsung makanan khas kota mungil ini, datang saja ke Toko Yoel’s di Jalan Usman Domiri, Kelurahan Padasuka kecamatan Cimahi Tengah Kota Cimahi.

Untuk harga reguler Rp 13500 satu cup. Namun, untuk distributor Rp 9500 dengan pembelian minimal 300 cup.

(gat)

loading...

Feeds