Kredit Mobil Demi Jadi Sopir Online, Curiga Ada Permainan

Ujang Aos, sopir angkutan online di Bandung. Foto: Gumilang/Radar Bandung

Ujang Aos, sopir angkutan online di Bandung. Foto: Gumilang/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Mobil Datsun merah itu nampak baru dan masih mulus. Mobil itu berhenti menjemput pemumpang di sekitaran jalan Dipatiukur Kota Bandung.

Waktu menunjukan pukul 16.00 WIB, , Jumat (2/2), jalanan Kota Bandung padat merayap. Sopir mobil itu, Ujang Aos (57). Ia baru seminggu masuk Grab.

“Dulu saya dagang di pasar Simpang Dago, saya beralih ke Grab karena di pasar sekarang kondisinya sepi, saya memaksakan diri kredit mobil ini untuk menjadi sopir online,” tuturnya, kepada Radar Bandung yang menjadi penumpangnya.

Sambil mengendarai mobilnya, ia bercerita bahwa dirinya tidak mengetahui hal apa pun tentang polemik antara sopir online dan pihak Dishub yang marak akhir-akhir ini.

“Yang saya tahu cuman konflik sopir online dengan sopir angkot atau taksi biasa,” ungkapnya.

Saat tiba di belokan Siliwangi sekitaran Jalan Ciumbuleuit menuju Babakan Siliwangi, tiba-tiba ia berkata, semua ini hanya menguntungkan pemerintah saja.

“Ada permainan yang mereka lakukan melihat kondisi di tengah kisruh sopir online dengan sopir angkutan biasa,” ujarnya.

Dahinya mengkerut lalu berkata bahwa pemerintah memang memanfaatkan momen konflik yang terjadi antara sopir online dan sopir konvensional.

“Mereka makin buat kita makin panas saja, sudah tahu lagi konflik ditambah lagi kayak gini,” keluhnya.

Meski tampak seperti orang pendiam, Ujang kembali memperlihatkan senyum sarkasnya dan berkata ia tak setuju dengan penempelan stiker bukti uji KIR dipasang di bagian luar mobilnya.

“Kalau nanti uji KIR akan dipasangi stiker di luar, saya tidak mau. Wah itu bahaya, bisa kena gebuk saya kalau ada sopir angkot atau sopir taksi biasa, jadi saya dapat diketahui sama mereka dong,” imbuhnya.

Ia tak ingin jika stiker tersebut nantinya dipasang di bagian luar kendaraan miliknya.

“Saya pengin ditempel di dalam mobil saja,” pungkasnya

(Cr1)

loading...

Feeds