Imah Noong Lembang, Padukan Sains, Kearifan Lokal, dan Agama

Foto bersama di Imah Noong, Lembang (imahnoong.wordpress.com)

Foto bersama di Imah Noong, Lembang (imahnoong.wordpress.com)

POJOKBANDUNG.com – Fenomena gerhana bulan total yang disertai supermoon Rabu (31/1) membuat Imah Noong kebanjiran pengunjung.

Imah Noong merupakan kampung edukasi wisata astronomi yang terletak di Kampung Areng RT 2/12, Desa Wangunsari, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Saat gerhana bulan kemarin, Imah Noong menyelenggarakan kegiatan pemantauan dengan tema “Spektakel Samagaha”.

Pendiri Imah Noong, Hendro Setyanto menjelaskan Spektakel Samagaha pada dasarnya kegiatan rutin di Imah Noong setiap kali ada gerhana bulan total.

“Dahulu kami pertama kali menyebutnya ‘ngawangkong samagaha’, sekarang pun sebenarnya spektakel ngawangkong samagaha,” katanya saat ditemui di Imah Noong.

Salah satu acara di Imah Noong, Lembang (imahnoong.wordpress.com)

Hendro mengungkapkan, spektakel digelar untuk mengapresiasi gerhana sebagai fenomena alam dari sudut seni, budaya, religi, dan sains.

Dalam kegiatan ini disediakan panggung pentas hiburan seni budaya, kemudian ada pula pengamatan gerhana dengam teleskop, sampai takbiran dan salat gerhana.

Saat gerhana kemarin, kegiatan dimulai setelah salat Asar. Dalam praktiknya, Imah Noong juga menyertakan unsur budaya lokal. Dalam masyarakat Sunda, jika terjadi gerhana (samagaha) aka nada tradisi memukul kentongan atau lesung.

Imah Noong juga menghadirkan tradisi tersebut. Selain itu, digelar pula seni tari yang pesertanya anak-anak sekitar Imah Noong.

Di sela acara, kegiatan pengamatan gerhana tetap dilakukan. Peserta dibatasi antara 100-150 orang, meski antusiasme masyarakat tinggi.

Hendro menjelaskan, acara spektakel sengaja melibatkan masyarakat sekitar. Sebab Imah Noong bagian dari masyarakat.

Ada pun penyelenggaraan salat gerhana dilaksanakan di terdekat Imah Noong, yakni Masjid Nurul Huda.

Sedangkan dalam pengamatan fenomena astronomi, Imah Noong menyiapkan tiga teropong atau teleskop dan satu teleskop utama. Teleskop tersebut disimpan di luar agar masyarakat leluasa memakainya.

(bie)

 

loading...

Feeds