PMI Kota Bandung dan Pocari Sweat Dorong Generasi Muda Donor Sejak Dini

PMI Kota Bandung bekerja sama dengan Pocari Sweat melakukan road show ke SMA dan kampus dengan tema #donorgeneration

PMI Kota Bandung bekerja sama dengan Pocari Sweat melakukan road show ke SMA dan kampus dengan tema #donorgeneration

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Banyak orang takut donor darah dengan beragam alasan. Mulai dari takut jarum suntik hingga takut darahnya habis.

Padahal, donor darah banyak manfaatnya seperti mendeteksi kesehatan tubuh sejak dini karena setiap akan donor pasti akan di cek kesehatannya.

Selain itu, donor darah juga membantu memperlancar aliran darah hingga mencegah penyumbatan arteri.

Satu penelitian menunjukkan bahwa rajin mendonorkan darah mampu menurunkan risiko serangan jantung hingga 88%. Dan masih banyak lagi manfaat donor darah.

Krisis stok darah menghinggapi banyak negara di dunia khususnya negara-negara berkembang seperti di Indonesia.

Ada beberapa negara yang sukses mengelola pendonoran darah karena kesadaran publiknya yang tinggi, akibat peran pemerintah hingga peran aktif palang merahnya. Krisis stok darah pun bisa dihindari.

PMI Kota Bandung bekerja sama dengan Pocari Sweat melakukan road show ke SMA dan kampus dengan tema #donorgeneration

Dalam usaha mengkampanyekan kesadaran berdonor sejak dini ini PMI Kota Bandung bekerja sama dengan Pocari Sweat melakukan road show ke SMA dan ke kampus-kampus dengan membawa tema #donorgeneration.

Dalam #donorgeneration ini PMI menjelaskan pentingnya dan manfaat donor darah baik bagi pendonor maupun bagi penerima darah.

Selain itu, #donorgeneration juga mengkampanyekan bahwa donor darah itu menyenangkan dan membanggakan.

Karena, dengan menyumbangkan 350 ml darahnya (satu kantong darah, red), berarti setiap pendonor telah menyelamatkan tiga nyawa. Darah yang telah didonasikan akan diolah menjadi tiga komponen yaitu darah merah, trombosit dan plasma.

Devina, salah satu siswa SMAN 6 Bandung, mengatakan kesan dan pengalamannya mengikuti donor darah tersebut.

“Ini pengalaman luar biasa, awalnya sih takut berdonor tapi setelah tahu manfaatnya dan melihat temen-temen berdonor dan happy happy aja akhirnya Saya ikut donor. Dan ternyata baik-baik aja tuh. Buat temen-temen yang lain, ayo jangan ragu jadi #donorgeneration agar bisa menolong orang lain,” kata Devina.

Rizky Rakasiwi Lubis, Brand Communication Executive Pocari Sweat Bandung mengatakan, acara tersebut bertujuan mengajak generasi muda untuk mau berdonor sejak dini.

“Kita mengkampanyekan bahwa donor darah itu tidak menakutkan tapi malah menyenangkan dan membanggakan. Dengan berdonor kita bisa menjadi pahlawan bagi orang lain, dengan berdonor kita bisa menyelamatkan nyawa banyak orang,” kata Rizky Rakasiwi Lubis.

Menurutnya, tidak usah takut mengikuti donor darah. Apalagi takut lemes dan tidak bisa beraktivitas karena darahnya diambil.

“Karena ada Pocari Sweat yang siap dan tepat untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang melalui darah yang didonorkan. Pocari Sweat komposisinya mirip dengan cairan tubuh sehingga bisa lebih cepat diserap oleh tubuh dan cepat menggantikan cairan tubuh yang hilang. Jadi pastikan kita minum Pocari Sweat sesaat setelah donor akan tubuh tetap fit dan tetap bisa beraktifitas dengan baik” tutupnya.

(*)

loading...

Feeds