Tingkatkan Kualitas SDM, Aher: Akreditasi Jangan Sekadar Ceremony

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memberikan sertifikat akreditasi

Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memberikan sertifikat akreditasi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Aher) memberikan sertifikat akreditasi kepada 702 sekolah setingkat SMA/SMK/MA di seluruh Jawa Barat.

Aher mengatakan dirinya ingin Jawa Barat tidak hanya memiliki bonus demografi terbanyak, namun juga berkualitas.

“Kita beharap akreditasi jangan sekadar ceremony. Tapi bagian dari cara kita meningkatkan kualitas dan kuantitas SMA/SMK kita, sehingga Jawa Barat tidak hanya memiliki bonus demograsi paling banyak, namun juga berkualitas,” harap Aher dalam acara Pembagian Sertifikat Akreditasi SMA/SMK/MA Negeri dan Swasta se-Jabar di Aula Ki Hajar Dewantara Kantor Dinas Pendidikan Jawa Barat di Jl. Dr. Radjiman No. 6, Kota Bandung, Jumat pagi (5/1/18).

Pada kesempatan ini, secara simbolis Aher menyerahkam sertifikat kepada empat SMA/MA yang mendapat nilai akreditasi tertinggi, yaitu:

  1. SMAN 1 Cisarua Kabupaten Bandung Barat,
  2. SMAS Assalam Dayeuhkolot Kabupaten Bandung,
  3. SMAN 24 Kota Bandung, dan
  4. SMAS Alloysius 1 Kota Bandung.

Sementara untuk 4 (empat) SMK yang mendapat nilai akreditasi tertinggi, yaitu:

  1. SMKS Bela Nusantara Kabupaten Cianjur,
  2. SMKN 1 Kabupaten Ciamis,
  3. SMKN 1 Kabupaten Garut, dan
  4. SMKS Pasundan Kabupaten Cianjur.

Berdasarkan data, jumlah SMA di Jawa Barat mencapai 1.557 sekolah, 498 SMA Negeri (SMAN) dan 1.079 SMA Swasta (SMAS). Jumlah total SMK ada 2.854 sekolah, 279 SMK Negeri (SMKN) dan 2.575 SMK Swasta (SMKS). Sementara MA jumlah total ada 1.117 sekolah, 77 MA Negeri dan 1.040 MA Swasta. Jadi, jumlah total SMA/SMK/MA di seluruh Jawa Barat sebanyak 5.548.

Status Akreditasi SMK dilihat dari program keahlian (data BAN SM, 2016): 60,7% terakreditasi A; 38,1 terakreditasi B, dan 1,1% terakreditasi C. Sementara jumlah SMK yang terakreditasi pada 2017 seluruhnya 436 sekolah, diantaranya 82 SMK Negeri dan 354 SMK Swasta.

Kemudian Status Akreditasi SMA dilihat dari program keahlian (data BAN SM, 2016): 36% terakreditasi A, 27% terakreditasi B, dan 1% terakreditasi C. Sementara jumlah SMA/MA yang terakreditasi pada 2017 seluruhnya 264 sekolah, diantaranya 89 SMA Negeri, 112 SMA Swasta, dan 63 MA Swasta.

Akreditasi ini akan menentukan sejauhmana kualitas penyelenggaraan pendidikan. Hal ini akan berdampak pada kualitas lulusan dan menentukan pilihan sekolah masyarakat. Untuk itu, Aher pun meminta seluruh SMA/SMK/MA yang ada di Jawa Barat melakukan akreditasi pada 2018, khususnya bagi sekolah-sekolah yang belum pernah melakukan akreditasi.

loading...

Feeds

Telkomsel dan Erajaya Hadirkan HALO Device Plan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA–Dalam rangka mengakselerasi perkembangan ekosistem digital di Indonesia yang berbasis pilar Device, Network, and Application (DNA), Telkomsel bekerjasama dengan …