Eje Kim, Orang Korea yang Jatuh Cinta pada Durian Indonesia

Durian. Foto: The Star

Durian. Foto: The Star

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Seorang ahli geografi asal Korea mencintai Bandung dan mencari kelezatan durian ke berbagai negara. Dia adalah Eje Kim.

Wanita berkebangsaan Korea ini sangat menyukai buah yang dijuluki dengan “Si Raja Buah”. Hal ini disampaikan dalam Talkshow Bandung Menjawab di Balaikota, baru-baru ini.

“Saya sangat menyukai durian, berkeliling ke berbagai negara untuk mencari yang terbaik dan disini (Indonesia) saya menemukannya,” kata Eje Kim.

Ia melanjutkan, durian asal Sumatera adalah yang terbaik, walaupun banyak jenis durian di Indonesia, seperti Sunda, Jawa, Medan, dan Makassar.

Wanita lulusan Seoul National University ini akhirnya menuangkan kelezatan durian dalam sebuah buku berjudul “Happy Tummy Yummy”. Buku yang sudah dirilis beberapa waktu lalu ini sudah bisa ditemukan di berbagai toko buku di Indonesia.

BACA JUGA:

Taman Badak Putih dan Taman Dewi Sartika Jadi Ikon Baru Kota Bandung

Ini Cara Jitu Atasi Jerawat dengan Putih Telur dan Madu

Disebutkan, pulau yang paling terkenal sebagai penghasil durian di Indonesia adalah Sumatra, pulau terbesar nomor satu di Indonesia dan nomor enam di dunia.
Durian segar dan bernutrisi tinggi yang berasal dari hutan rimba di Sumatra adalah obat yang berkhasiat untuk tubuh.

Di pulau tersebut durian tumbuh di alam bebas tanpa menggunakan pestisida atau bahkan pupuk. Kualitasnya yang sangat baik itu membuat durian Sumatra diperjualbelikan di seluruh Indonesia dan Asia Tenggara.

Eje Kim juga menceritakan bagaimana dia pertama kali menginjakkan kaki di Indonesia.

“Saya bahagia dan merasa relax saat pertama kesini, cuacanya enak dan orang-orangnya ramah, yang pasti banyak duriannya,” terangnya.

Dalam penjelasannya, ia pun bercerita tentang Indonesia, salah satunya, dari sudut pandang novel Eat, Pray and Love (diangkat ke layar lebar dan dibintangi salah satu aktor hebat Indonesia, Christine Hakim).

Dalam novel tersebut dikisahkan sang tokoh utama eat in Italy, pray in India and finding love in Bali (Indonesia).

“Saya justru bisa makan, berdoa dan menemukan cinta seluruhnya di Indonesia. Saya bisa makan rendang, berdoa kapan saja dan di mana saja serta menemukan cinta di Indonesia,” ungkap Eke Jim yang menjadikan es durian dan masakan Padang sebagai makanan favoritnya.

Ia pun mengatakan bahwa keragaman Indonesia banyak membuat orang luar negeri kagum, seperti keragaman budaya, kuliner, dan agama.

Indonesia juga adalah tempat penuh kebahagiaan yang ia cari-cari selama ini.

“Di mataku, orang Indonesia tergolong bersikap cool terhadap masalah cinta dan pernikahan. Berbeda dengan kebanyakan orang Korea yang jika menikah akan mati-matian bertahan dalam perkawinan hingga tua, meskipun di dalam hati sebenarnya benci sekali dengan pasangannya,” ungkapnya.

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …