Pemkot Cimahi Lanjutkan Integrasi Jamkesda 2018 ke JKN-KIS BPJS Kesehatan

Pemerintah Kota Cimahi mengintegrasikan Jamkesda sebagai wujud dukungan terhadap keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

Pemerintah Kota Cimahi mengintegrasikan Jamkesda sebagai wujud dukungan terhadap keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS)

POJOKBANDUNG.com – Dalam rangka memberikan jaminan kesehatan yang adil berkualitas pada masyarakat tidak mampu yang ada di wilayah Kota Cimahi, Pemerintah Kota Cimahi kembali mengintegrasikan Jamkesda (PBI-APBD) Tahun 2018 sebagai wujud dukungan Pemkot Cimahi terhadap keberlangsungan program Jaminan Kesehatan Nasional – Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama (PKS) dilaksanakan di Kantor Dinas Kesehatan Kota Cimahi dan ditandatangani langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Kota Cimahi, Pratiwi bersama Kepala BPJS Kesehatan Cabang Cimahi, Yudha Indrajaya dan disaksikan para staf yang hadir.

Maksud dan tujuan perjanjian ini sebagai dasar pelaksanaan pendaftaran dan pembayaran iuran bagi penduduk yang didaftarkan oleh Pemkot Cimahi dalam Program JKN-KIS.

Dalam penandatangan PKS ini, Pemkot Cimahi menambah jumlah kuota peserta penerima Jamkesda (PBI-APBD) yang sebelumnya 8.168 jiwa pada tahun 2017, menjadi 10.912 jiwa di tahun 2018.

“Hal ini di karenakan masih banyak dari masyarakat yang tidak mampu di Kota Cimahi yang belum terakomodir. Untuk itu pemerintah daerah hadir sebagai wujud kepedulian terhadap jaminan kesehatan bagi masyarakat yang tidak mampu yang ada di Kota Cimahi,” ungkap Pratiwi, Jumat (29/12).

Pada kesempatan yang sama, Yudha menjelaskan bahwa dengan bertambahnya peserta JKN-KIS di Kota Cimahi, total peserta JKN-KIS di Kota Cimahi telah mencapai 84.90% dari total penduduk.

Artinya, masih ada sekitar 16,10% masyarakat yang belum memiliki jaminan kesehatan. Pemerintah Kota Cimahi terus berupaya mendata masyarakat yang benar-benar membutuhkan melalui Dinas Sosial untuk dapat di tambahkan sebagai Peserta PBI APBD di tahun 2018 nanti sehingga target Universal Health Coverage Kota Cimahi dapat segera tercapai.

“BPJS Kesehatan siap bekerja sama dengan Pemerintah Daerah untuk bersama-sama meningkatkan  taraf hidup kesehatan penduduk Kota Cimahi. Selain itu dengan diadakannya Perjanjian Kerja Sama ini diharapkan dapat mempercepat terwujudnya Universal Health Coverage program JKN-KIS pada tahun 2019,” tutup Yudha.

(*/men/pojokbandung)

loading...

Feeds