Lembang Kini Lengang, Libur Tahun Baru Siap-siap Mengular

Kemacetan di jalur Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Riana Setiawan/Radar Bandung

Kemacetan di jalur Lembang, Kabupaten Bandung Barat. Foto: Riana Setiawan/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Libur natal dan tahun baru membuat daerah wisata seperti Lembang, Kabupaten Bandung Barat, dilanda kemacetan parah.

Hingga Selasa (26/12/2017) kemarin, arus lalu lintas Jalan Bandung – Lembang masih sedikit tersendat. Meski demikian sudah lebih lancar dibanding dua hari sebelumnya.

“Sekarang lebih lancar walaupun jalannya masih pelan-pelan. Tidak kayak kemarin, sampai macet total,” ujar Dedeng, 27, salah seorang warga di Jalan Setiabudi, Lembang.

Seperti diketahui, sejak Minggu (24/12/2017) lalu, jalur Bandung-Lembang macet parah. Bahkan jalur alternatif via Dago pun mengalami kemacetan. Kini, antrean tidak lagi mengular.

Hingga Selasa (26/12/2017) sore, suasana pun mulai nampak sedikit lenggang dan lancar. Kendaraan lebih banyak datang dari arah Lembang menuju Bandung.

Baca Juga:

Hati-hati, Keripik Jamur Mengandung Narkoba Ditemukan di Lembang

Hati-Hati, Badai Dahlia Mulai Serang Lembang. Kecepatan Angin Capai 49 Km/Jam

Namun kondisi tersebut masih sementara. Sebab, libur tahun baru yang jatuh akhir pekan ini diprediksi akan menimbulkan kemacetan di Lembang.

Sementara pantauan arus lalu lintas di depan Alun-alun Lembang, Kabupaten Bandung Barat terpantau ramai lancar, Selasa (26/12/2017) sore.

Antrean kendaraan tidak terlihat di sepanjang Jalan Raya Lembang ini. Kendaraan wisatawan yang mengisi libur Natal berangsur mulai meninggalkan kawasan wisata berhawa sejuk ini.

Kondisi ini berbeda dengan tiga hari terakhir, di mana arus lalu lintas di ruas jalan menuju Subang ini macet parah. Kendaraan bahkan mengular hingga ke wilayah Kota Bandung. Dan kondisi macet ini terjadi sejak pagi hingga malam hari.

Kasat Lantas Polres Cimahi, AKP Suharto, mengungkapkan padatnya volume kendaraan pada H-1 Natal di Lembang terjadi sejak pagi sampai malam hari.

Baca Juga:

Tangkuban Parahu Masih Favorit, Lembang Disergap Macet Parah

Badai Dahlia Ancam Objek Wisata Lembang

Selama satu hari penuh, pihaknya berlakukan ‘contra flow’ atau pengalihan arus lalu lintas agar antrean kendaraan di kawasan wisata Lembang dapat lebih cepat terurai.

“Puncak arus lalu lintas di Lembang terjadi pada malam Natal. Kendaraan yang menumpuk di wilayah Lembang berasal dari wisatawan luar kota,” ungkap Suharto, kemarin.

Suharto menyebutkan, sepanjang hari Minggu kemarin, contra flow harus diberlakukan sampai 20 kali lebih. Namun demikian, kepadatan kendaraan baru dapat terurai sekitar pukul 22.00 WIB.

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …