Ini 7 Langkah Mudah Atasi Kecemasan

hindari stres berlebih

hindari stres berlebih

POJOKBANDUNG.com – Cemas, takut dan gelisah sebenarnya sudah menjadi tabiat manusia. Namun, tabiat ini juga menjadi salah satu masalah besar yang harus dihilangkan dari dalam diri kita.

Jika rasa cemas, takut dan gelisah tersebut telah berlebihan, tentu akan membuat Anda tidak nyaman dalam menjalani hidup.

Banyak hal yang bisa menyebabkan seseorang selalu cemas dan takut di antaranya adalah karena hidup miskin dan tidak diterima oleh masyarakat.

Masih banyak penyebab lainnya mengapa seseorang bisa menjadi cemas dan takut.

Nah, berikut ini beberapa kiat untuk mengatasi kecemasan, seperti dilansir laman Real Simple.

  1. Tidur yang cukup

Kurang tidur bisa memiliki konsekuensi kesehatan yang serius, termasuk meningkatkan tingkat kecemasan.

  1. Tersenyum

Tersenyum selama situasi yang penuh tekanan bisa membantu meredakan kegelisahan, bahkan jika Anda tidak merasa bahagia.

  1. Katakan tidak pada permen

Memanjakan diri dengan makanan manis (permen) mungkin memberikan diri Anda istirahat sementara, tapi memuaskan hasrat gula kemungkinan akan meningkatkan kecemasan dalam jangka panjang.

  1. Bernapas dengan benar

Latihan pernapasan sederhana dua kali sehari bisa mengurangi perasaan panik yang terkait dengan kecemasan.

  1. Meditasi

Meditasi dan doa bisa membantu mengatasi stres.

  1. Olahraga

Mungkin sulit menemukan energi untuk berolahraga saat Anda merasa cemas, namun penelitian menunjukkan bahwa olahraga teratur dikaitkan dengan neurotisme, kegelisahan dan depresi yang lebih rendah.

  1. Hindari kafein

Minuman berkafein tinggi-seperti kopi bisa meningkatkan rasa panik pada orang-orang yang cenderung mengalami kegelisahan, menurut sebuah studi dari University of Michigan.

(fny/jpnn)

loading...

Feeds