Terancam Longsor, 77 Warga Kabupaten Bandung Barat Akan Dievakuasi dalam Penampungan Sementara

Foto longsor di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Foto: Riana Setiawan/Radar Bandung

Foto longsor di Desa Cipelah Kecamatan Rancabali Kabupaten Bandung, Foto: Riana Setiawan/Radar Bandung

POJOKBANDUNG.com – Bencana pergerakan tanah terjadi di Kampung Nendeut RT 01 RW 05 Desa Sukamanah Kecamatan Rongga Kabupaten Bandung Barat (KBB) sejak Sabtu (17/12/2017) malam.

Sebanyak 17 Kepala Keluarga (KK) dipindah ke tempat yang lebih aman sementara 31 rumah lainnya terancam.

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggualangan Bencana Daerah (BPBD) Bandung Barat Dicki Maulana menerangkan, terdapat 77 jiwa terdiri dari 41 laki-laki, 41 perempuan, 36 Balita dan 9 lanjut usia akan dievakuasi dalam penampungan sementara.

Baca Juga:

Longsor di Rancabali, Empat Orang Sekeluarga Dilaporkan Tewas

Waspada Nih, Longsor Intai 25 Kecamatan di Kab Bandung

“Pergerakan tanah terjadi sejak Sabtu(17/12) malam. Amblas tanah ini perlahan hingga saat ini mencapai satu meter,” ungkap Dicki kepada wartawan, Selasa(19/12/2017).

Dicki menjelaskan, tidak ada korban jiwa bencana pergerakan tanah ini, namun dipastikan pergerakan terus terjadi. Sedangkan untuk sementara warga sudah dievakuasi dan tinggal dalam tenda darurat sementara.

Baca Juga:

VIDEO Detik-detik Pasca-Longsor Rancabali yang Menewaskan Pasangan Suami-istri dan Dua Anak

Polisi Tandu Jenazah Korban Longsor Rancabali ke Pemakaman

“Kita akan bangun tenda dan dapur umum jaraknya sekitar 300 meter dari lokasi, 17 rumah harus dikosongkan dan 31 rumah lain terancam ambruk,”katanya.

Menurut Dicki pergerakan tanah dipicu gempa di Barat Daya Sukabumi yang terjadi Jumat(16/12/2017) malam lalu.

Dicki mengatakan saat ini fokus BPBD pada evakuasi warga terdampak, terkait penyebab perlu dilakukan kajian geologi dari pihak terkait.

“Kami masih berupaya meminimalisir jatuh korban jiwa maupun materi, nanti ada kajian geologi untuk pasca bencananya,” tandasnya.

(bie)

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …