Ratusan Sineas Berebut Penghargaan Festival Film Jawa Barat

Festival Film Jawa Barat

Festival Film Jawa Barat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ratusan sineas asal Jabar akan memperebutkan penghargaan dalam acara Puncak acara Festival Film Jawa Barat (FFJB) 2017.

Acara yang diselenggarakan pada 15-16 Desember 2017 ini akan digelar di Balai Taman Budaya Jawa Barat atau Dago Tea House di Kota Bandung.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Deddy Mizwar menyebut FFJB 2017 merupakan rangkaian kegiatan dari Kompetisi Film Pendek di tingkat Badan Koordinasi Pemerintahan dan Pembangunan (BKPP) yang bisa diakses dari 27 kabupaten dan kota se-Jawa Barat, FFJB 2017 tingkat provinsi.

Tahun ini terdapat 289 peserta yang masing-masing mengirimkan karya film pendek dalam kaegori umum, 74 film kategori pelajar, dan 33 kategori video musik.

Tujuan dari diadakannya acara tersebut adalah memberikan ruang kreatif dan apresiasi kepada para pegiat film asal Jawa Barat.

“Jumlah sineas dan komuniytas film terus bertambah, sekitar 500 dan 600 komunitas pada 2015 dan 2016, dan pada 2017 jumlahnya hampir mencapai 1.000 komunitas,” ujarnya saat ditemui di Gedung Sate, Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Rabu (13/12).

Ia berharap bertambahnya kuantitas pelaku bisa berbanding lurus dengan kualitas film yang dihasilkan. Harapan itu terwujud. Pasalnya, pada 2015, enam karya dari FFJB memenangkan festival film di Eropa.

“Pengetahuan yang baik mengenai film bermutu bisa mendorong lahirnya film-film bermutu di Indonesia,” ucapnya.

Hal positif pun diharapkan bisa ditunjukan dengan pertumbuhan minat industri film, termasuk pertumbuhan bioskop di Jawa Barat.

Baru-baru ini, katanya, telah hadir bioskop baru di Kota Banjar dan selanjutnya di Cianjur.

(bbb)

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …