Letusan Senjata Regu Tembak Iringi Pemakman AM Fatwa

AM Fatwa. Foto dok jpnn

AM Fatwa. Foto dok jpnn

POJOKBANDUNG.com – Letusan senjata dari regu tembak TNI menandai dimulainya prosesi pemakaman AM Fatwa yang berlangsung secara militer, di Taman Makam Pahlawan (TMP) Kalibata, Jakarta Selatan, Kamis (14/12/2017) sore.

Bertindak selaku Inspektur Upacara (Irup), Ketua DPD RI Oesman Sapta Odang (sebelumnya direncanakan Ketua MPR Zulkifli Hasan-red).

Pemakaman pria bernama lengkap Andi Mappetahang Fatwa ini dihadiri sejumlah pejabat negara seperti Ketua MPR Zulkifli Hasan, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, hingga Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan. Hadir juga tokoh-tokoh nasional antara lain Hatta Rajasa.

“Innalillahi wainnailaihi rajiun. Ini adalah hari duka bagi kita semua, bagi keluarga, para sahabat, dan seluruh rakyat Indonesia, atas wafatnya Bapak DR (HC) AM Fatwa,” ucap Oso -sapaan Oesman Sapta dalam sambutannya.

AM Fatwa. Foto dok jpnn

Tokoh kelahiran Bone Sulawesi Selatan, 12 Februari 1939 itu dikenal sebagai aktivis sejak usia muda. Fatwa merupakan pejuang tegaknya demokrasi bangsa.

“Kita telah kehilangan salah seorang putra terbaik bangsa, seorang senator, seorang negarawan yang terhormat. Kami hadir di sini untuk memberikan penghormatan terakhir melalui upacara kenegaraan,” katanya.

Oso menambahkan, AM Fatwa dimakamkan secara militer dalam upacara kenegaraan merupakan bentuk penghormatan dan penghargaan dari negara, DPD, MPR, DPR RI, dan pemerintah atas jasa darmabakti serta pengabdian almarhum kepada negara dan bangsa semasa hidup.

Sementara itu Zulkifli Hasan mewakili keluarga menyampaikan ucapan terima kasih dan memohon dibukakan pintu maaf untuk Fatwa, politisi pejuang yang berjasa terhadap negara dan bangsa.

“Indonesia adanya hari ini tidak lepas dari catatan panjang, salah satunya dari anak negeri Pak Fatwa. Banyak suka dukanya, dipenjara, disiksa, barulah lahir reformasi. Pak Fatwa karyamu tak terkira, untuk kami dan untuk negeri,” pungkas Zulkifli.

(fat/jpnn)

loading...

Feeds

Akan Ada Mini Bandung di Ukraina

Kerjasama ini terbangun setelah Pemkot kota Bandung mendapat mandat Kedutaan Besar Indonesia di Ukraina pada Oktober 2017 untuk mengenalkan budaya …