Model Sosialisasi KPU Diminta Jangan Ketinggalan Zaman

Suasana peresmian tahapan pelaksanaan Pilkada serentak Jabar 2018.

Suasana peresmian tahapan pelaksanaan Pilkada serentak Jabar 2018.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penyelenggara pemilihan umum dituntut kreatif untuk menggairahkan partisipasi pemilih muda. Jangan lagi mengandalkan sepenuhnya pada cara konservatif seperti pemasangan baligo.

Peneliti Pemilu dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI), Sri Nuryanti menyebut Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) harus memanfaatkan dengan baik keberadaan media sosial.

“Hampir semua masyarakat memiliki akses terhadap media teknologi informasi melalui smartphone. Istilahnya KPU harus menarik suara generasi zaman now,” kata Sri yang juga mantan anggota KPU RI, usai mengisi Seminar Jurnal Bawaslu di Universitas Padjadjaran, Selasa (12/12/2017).

Baca Juga:

Sebelum Deklarasikan Sudrajat, Prabowo Minta Nasihat pada Ulama-ulama Ini

Gerindra Deklarasikan Mayjen Sudrajat Sebagai Calon Gubernur Jabar 2018

Pada penyelenggaraan Pilgub Jabar 2003 tingkat partisipasi masyarakat sebesar 86,19 persen. Kemudian pada Pilgub Jabar 2008 angka partisipasi masyarakat turun menjadi 67,31 persen.

Angka partisipasi pemilih kembali turun pada penyelenggaraan Pilgub Jabar 2013 sebesar 63,85 persen.

Pemanfaatan media sosial tidak akan menjadi masalah selama sesuai dengan peraturan yang berlaku dan tidak mengganggu independensi KPU.

Baca Juga:

Sempat Menolak, PPP Perintahkan Uu Ikut Konvensi

Jika PKS Berhasil Dibujuk Gerindra, Deddy Mizwar Terancam Ditinggalkan

“Kerja sama dengan sejumlah akun populer di media sosial seperti di Instagram, Twitter, dan Facebook bisa dimanfaatkan untuk menyosialisasikan Pilgub Jabar 2018,” terangnya.

Jika sudah begitu, sosialisasi akan lebih maksimal dan sasarannya bisa tersampaikan kepada pemilih asal Jabar yang banyak.

Selain itu, penuelenggara pemilu harus fokus mengenai kerentanan praktik money politic yang bisa mengancam demokrasi di Jawa Barat. Isu ini pun harus mendapat dukungan dari calon kepala daerah.

(bbb)

loading...

Feeds